Peringati Muharram, MUI Ciherang Gelar Diklat Ulumuul Qur’an

FOTO BERSAMA: Lakukan foto bersama usai melaksanakan Diklat di aula Desa Ciherang, Minggu (30/8/2020). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebagai bentuk wujud Cinta terhadap Alloh dan Rasul-nya, termasuk kitab suci Al-Qur’an, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Ciherang, Kecamatan Pacet melaksanakan pendidikan dan latihan Ulumul Qur’an yang dilaksanakan di Aula desa, Minggu (30/8/2020).

Ketua Panitia Kegiatan, Ustadz Nurjaman Spd,i mengatakan, bahwa kegiatan pelaksanaan pendidikan dan latihan ulumul Quran yang digagas oleh MUI Desa Ciherang ini merupakan sebuah agenda perdana untuk mengumpulkan para ustad, ajeungan, dan para kyai sebagai bentuk silaturahmi, apresiasi yang tinggi di mana demi menyamakan sebuah persepsi Alquran serta wujud daripada cintanya ke kitab Alloh yakni Alquran.

“Harapan kami kepada seluruh warga, khususnya di Desa Ciherang, bisa lebih bermakna akan cintanya kepada Alquran. Serta mewujudkan kebersamaan antara umat beragama Islam khususnya ke para ahli,” katanya kepada radarcianjur.com, Minggu (30/8/2020).

Selanjutnya, kata Nurjaman, rangkaian kegiatan tersebut juga diisi dengan Diklat. Dimana itu merupakan do’a bersama atau istighosah Akbar dengan para para ulama, ustadz yang ada di Desa Ciherang ini.

“Jadi setelah istighosah Akbar, ada pemberian wakaf Alquran sekaligus paparan dari pemateri tentang Ulumul Qur’an yang diisi oleh bapak Kyai H. Zein Mahmudin. Beliau adalah pembina lPTQ Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Dalam persiapan kegiatan pendidikan dan latihan Ulumul Quran tersebut, kata Nurjaman, dilakukan sekitar satu bulan. Dengan pelaksanaannya yang Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah karena ada komunikasi dengan unsur pemerintahan, termasuk kepala desa Ciherang ini, kami bisa melaksanakan kegiatan tersebut. Termasuk support yang tinggi dari pemerintah desa bersama unsur lain,” katanya.

Selain itu, Nurjaman menyebut, peserta yang mengikuti pendidikan latihan ulumul Quran ini kurang lebih hampir 200 orang, yang termasuk dengan para tamu undangan yang hadir.

“Alhamdulillah bapak Camat Kecamatan Pacet dan kepala Ketua MUI Pacet juga turut hadir. Karena beliau yang membuka acara. Termasuk dihadiri langsung kepala desa Ciherang, bapak Acep Haryadi,” tukasnya.

Ketua MUI Desa Ciherang, Ustadz Farid Hawasyi mengatakan, adanya kegiatan seperti ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Hanya saja, menurut Farid, kegiatan keagamaan ini biasanya dilakukan dengan pawai ta’aruf, pengajian dan bahkan ada santunan anak yatim. Tapi kini dilaksanakan dengan pendidikan dan latihan Ulumul Qur’an.

“Berhubung adanya pandemi seperti ini, jadi kegiatannya mengambil inisiatif dengan Diklat. Supaya tidak mengganggu apa yang diamanatkan oleh pemerintah di saat pandemi seperti ini,” katanya.

“Walaupun di masa pandemi, jangan sampai menghilangkan kegiatan tahunan Muharram di desa kami ini. Alhamdulillah sekarang bisa menambah ilmu tentang Ulumul Quran. Mudah-mudahan kedepan lebih meningkat lagi. Baik dari pesertanya maupun tentang ilmu yang didapat, termasuk keberkahannya,” sambungnya.

(dan)