Hati-Hati! Maling Ponsel dengan Modus Meminta Sumbangan Berkeliaran di Cianjur

DIMINTAI KETERANGAN: Salah satu korban menceritakan kronologis awal kejadian ponselnya dibawa kabur para pelaku yang alih-alih meminta sumbangan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Polsek Cilaku berhasil mengamankan empat orang yang diduga melakukan pencurian ponsel warga di Perum Kota Baru Blok C6 Nomor 3, dengan modus mengaku dari salah satu yayasan pondok pesantren dan meminta sumbangan.

Namun aksi tersebut berhasil dipergoki salah satu warga yang tengah berada di dalam rumah, seperti yang dialami M Fikri Ramdani (20).

Ia saat itu tengah tertidur di ruang tengah rumahnya, terdengar ada yang meminta sumbangan.

Kondisi ponselnya yang tengah dicharger di ruang depan rumah, menjadi sasaran empuk pelaku.

“Saat itu saya lagi tidur di ruang tengah, posisi hp lagi dicas di ruang depan tepatnya di atas galon. Kedengeran ada kayak casa dicabut, saya keluar dan melihat pelaku lari,” ujarnya.

Seketika dirinya langsung mengejar pelaku dan beberapa warga pun langsung meringkus pelaku.

Ternyata, para pelaku tidak beraksi sendirian. Turut diamankan empat pelaku lainnya dengan membawa beberapa kertas untuk para donatur.

“Pelakunya ada lima sih kang, tapi yang satu kabur. Itu udah dikerubuni sama warga dan hampir diamuk dan untung polisi keburu datang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Cilaku, Kompol S Lubis mengatakan, pihaknya masih memastikan kejadian tersebut.

Pasalnya beberapa korban belum membuat laporan atau BAP. Pihaknya melakukan pengamanan terhadap para terduga pelaku terlebih dahulu agar tidak menjadi sasaran amuk warga.

“Kita yang mendapatkan laporan tersebut langsung menuju TKP dan berhasil mengamankan empat terduga pelaku beserta beberapa barang bukti. Saat ini kita masih mendalami dari keterangan para korban yang kami tunggu untuk melaporkan,” paparnya.

Lanjutnya, dari para korban yang datang beberapa di antaranya tidak mengenali ponsel yang diamankan pihak kepolisian dari para pelaku. Dugaan sementara, ponsel yang dibawa diserahkan kepada pelaku yang kabur.

“Ini kan ada pelaku yang kabur, tentunya akan kami kejar. Kemungkinan ponsel para korban dibawa satu tersangka yang kabur,” tutupnya. (kim)

Maling Modus Sumbangan

TKP:
Perum Kota Baru Blok C6.

Modus:
Meminta sumbangan mengaku dari salah satu yayasan pondok pesantren.

Kronologis:
Pelaku tiba di rumah korban sebagai peminta sumbangan untuk yayasan pondok pesantren.

Aksi pelaku hendak mengambil ponsel tertangkap basah pemilik rumah.

Korban langsung dibawa ke Polsek Cilaku untuk diamankan.

Jumlah pelaku:
Lima orang
Empat berhasil ditangkap
Satu orang berhasil kabur