102 Guru dan Staf SMANSA Cianjur Lakukan Tes PCR

DETEKSI SEJAK DINI: Tenaga pengajar dan staf di SMANSA Cianjur melaksanakan tes PCR sebagai langkah antisipasi dan mengetahui kondisi kesehatan di lingkungan sekolah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Sebanyak 102 guru beserta staf tata usaha (TU) SMA Negeri 1 Cianjur mengikuti tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Sebelumnya, pihak sekolah melakukan permohonan untuk pelaksanaan tes tersebut ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur guna mengantisipasi dan mengetahui kondisi kesehatan tenaga pengajar serta staf.

Kepala SMAN 1 Cianjur, Agam Supriatna mengatakan, 102 orang yang mengikuti tes tersebut terdiri dari 72 tenaga pengajar atau guru dan 30 staf TU itu bertujuan untuk, mendeteksi kesehatan di lingkungan sekolah.

“Pelaksanaan tes swab yang diprogramkan kabupaten, oleh lembaga sekolah sebelumnya permohonan pengadaan swab tes. 102 orang guru dan staf TU, guru 72 dan staf TU 30. Tujuannya untuk mengantisipasi dan mendeteksi kesehatan tenaga pengajar, sehingga ketika dipelaksanaan KBM tatap muka sudah diantisipasi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, meski pembelajaran masih secara online, tes ini bisa menjadi acuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tenaga pengajar.

Selain itu, jika terdapat hasil terindikasi terpapar, langkah yang diambil pihak sekolah akan melakukan karantina baik mandiri ataupun melalui Tim Gugus Tugas.

“Kalau ada yang terindikasi positif, kita akan arahkan untuk melakukan karantina mandiri maupun dikoordinasikan dengan Tim Gugus Tugas Kabupaten Cianjur,” ungkapnya.

Sampai saat ini KBM tatap muka belum dilaksanakan, sehingga jika dilaksanakan KBM tatap muka, pihaknya sudah menyiapkan sarana prasarana dari mulai tempat cuci tangan di berbagai titik seperti di setiap kelas serta pengukur suhu tubuh.

Selain itu, sudah dibentuk Tim Satgas Covid-19 tingkat sekolah sehingga bisa mengarahkan, aktifitas di sekolah baik murid dan guru agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

“Ya jika nanti sudah diperbolehkan KBM tatap muka, kita sudah antisipasi untuk kondisi kesehatan semuanya. Selain itu juga kita sudah membentuk Tim Satgas Covid tingkat sekolah sebagai pengarah aktifitas murid dan guru di sekolah,” tutupnya. (kim)

Tes PCR Para Guru

Para Guru SMA Negeri 1 Cianjur Dites PCR

Jumlah:
102 orang pegawai
72 tenaga pengajar/guru
30 staf TU itu bertujuan untuk,