Launching Hari Jadi Cimacan, Pemdes Santuni Puluhan Yatim

SANTUNI: Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail tengah memberikan santunan kepada anak yatim, di acara launching penetapan hari jadi Cimacan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cimacan Kecamatan Cipanas memberikan santunan kepada puluhan anak yatim sekaligus penghargaan ke purna Ketua RT dan RW di launching Hari Jadi Desa Cimacan, Rabu (2/9/2020).

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi, mengenalkan sejarah pra penentuan Hari Jadi Cimacan, serta memberikan penghargaan kepada para purna RT RW, sekaligus santunan rutin kepada anak yatim.

“Jadi ada beberapa agenda yang hari ini terlaksana. Termasuk santunan kepada 40 anak yatim dan 39 purna RT RW yang ada di Desa Cimacan,” katanya kepada radarcianjur.com, Rabu (2/9).

Deden menuturkan, keputusan menentukan hari jadi yang jatuh di tanggal 1 Juli itu telah disepakati adanya penjelasan dari sesepuh terdahulu yang kini masih ada di Desa Cimacan.

“Kalau melihat berdirinya pemerintahan Desa Cimacan, berdasarkan sesepuh yang ada, sekitar 1940 Masehi. Adapun berdirinya nama Cimacan itu di tahun 1601 Masehi,” ungkap Deden Ismail saat menceritakan sejarah.

Deden mengatakan, selain agenda yang disampaikan tadi, acara selanjutnya yakni penyerahan pengelolaan masjid yang berada di kawasan Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) Cibodas dari Pemkab melalui pemerintah desa ke pengurus MUI Desa Cimacan.

“Jadi pengelolaan masjid biru di ODTW Cibodas, kini Alhamdulillah bisa dilakukan oleh pemerintah desa kepada MUI Cimacan,” katanya.

Pihaknya berharap, seluruh agenda yang telah dilakukan bisa menjadi kegiatan rutin pemerintah desa bersama masyarakat. Baik program keagamaan, maupun sosial lainnya bisa terus ada.

“Insyaallah untuk pengajian, santunan, dan agenda sosialnya kami akan rutinkan. Mudah-mudahan semuanya bisa berkah,” pungkasnya. (dan)