Siswa dan Guru Madrasah Siap-Siap Dapat Kuota Gratis. Tapi….

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur

RADARCIANJUR.com- Selama pembelajaran dalam jaringan atau online masih diberlakukan, madrasah yang ada di Kabupaten Cianjur diberikan keleluasaan untuk memberikan kuota internet, kepada siswa yang tidak mampu menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Bukan hanya siswa saja, namun untuk guru aparatur sipil negara (ASN) dan juga honorer akan turut merasakan kuota internet gratis tersebut.

Pengelola dan Pengembang Kesiswaan Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Hanna Adriana mengungkapkan, pemberian kuota bagi guru madrasah ada persyaratan khusus seperti jam terbang mengajar terlebih dahulu dicek.

“Kalau misalkan per orangnya (guru, red) dilihat dari jam, kalau lebih dari 24 jam itu Rp100 ribu kalau kurang dari 24 jam Rp50 ribu selama satu bulan. Sistemnya pihak sekolah memberikan kuota langsung kepada guru bukan diberikan uang. Dimasukan ke nomor gurunya masing-masing,” ujarnya.

Sementara untuk siswa, kuota gratis hanya akan diberikan kepada siswa yang kurang mampu.

Meski saat ini pola kegiatan belajar mengajar dilakukan secara kombinasi yakni luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

“Sementara untuk siswa hanya diberikan bagi siswa yang tidak mampu. Dilihat juga kayak apakah anaknya jangkauannya seperti apa, cuma sekarang ada juga pembelajaran luring yaitu gurunya yang menyampaikan soal kepada siswanya. Tapi. kalau dilihat dari fasilitasnya gak punya HP atau uang jajan tidak punya itu diberikan kuota, tapi kalau mampu itu tidak diberikan,” ungkapnya.

Menurutnya, kebijakan pemberian kuota gratis ini tidak diwajibkan bagi madrasah yang ada di Kabupaten Cianjur.

Ini dilakukan kepada madrasah yang memang ingin memberikan kuota gratis, sehingga tidak ada sanksi bagi madrasah yang tidak menerapkan.

“Sanksi khusus itu tidak ada karena kuotanya harus, seperti di (Cianjur) selatan kan kalau gak efektif, mungkin pihak madarasah mencari jalan lain seperti datang ke rumah peserta didiknya,” tutupnya. (kim)

Kuota Gratis

Sumber Dana;
Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Penerima;
Guru (ASN)
Guru (honorer)
Siswa-siswi

Mekanisme Pembagian Kuota
Kuota Gratis untuk guru:

Jika lebih dari 24 jam : Rp100 ribu/bulan

Jika kurang dari 24 jam Rp50 ribu/perbulan

Sekolah memberikan kuota bukan dalam bentuk uang.

Kuota untuk siswa:

Kuota gratis hanya untuk siswa kurang mampu dan sejumlah pertimbangan secara geografis dan kesiapan selulernya.