Hasil Pleno Daftar Pemilih Kecamatan Cipanas Didominasi Pria

PLENO: Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas menyerahkan hasil pleno rapat terbuka DPHP ke Forkopimcam, Rabu (2/9). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas melaksanakan agenda penyampaian daftar pemilih tingkat kecamatan jelang Pilkada serentak Desember mendatang, di Aula kantor Kecamatan Cipanas, Rabu (2/9/2020) siang.

Ketua PPK Cipanas, Dodi Rahmat menuturkan, setelah adanya hasil daripada coklit atau pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) selama kurang lebih satu bulan kemarin, yang dimulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, kemudian di tingkat PPS pada 30 Agustus itu diserahkan ke tingkat kecamatan.

“Jadi pelaksanaan hari ini merupakan pleno terbuka PPK Cipanas dari pemutakhiran tingkat PPS desa yang memiliki tujuh PPS yang tersebar di wilayah Kecamatan Cipanas,” katanya kepada radarcianjur.com, Rabu (2/9).

Kemudian, kata Dodi, agenda Rabu ini, selain membahas tentang daftar pemilih hasil pemutakhiran, juga kembali menyampaikan bahwa telah lengkap komisioner PPK, yang semula berjumlah empat personil, kini hadir satu lagi setelah ada yang mengundurkan diri waktu itu.

“Alhamdulillah kini ada lima personil yang semula 4 orang karena mengundurkan diri,” ucapnya.

Berangkat dari agenda Rabu ini, hasil daripada pemutakhirkan data pemilih yang ada, mulai pemilih yang tidak memenuhi syarat atau pemilih yang memenuhi syarat dalam artian pemilih yang aktif sebagai pemilih dan terdaftar dalam DPHP, itu didominasi oleh pemilih laki-laki/ pria.

“Masih didominasi oleh kaum laki-laki atau pemilihan laki-laki, termasuk ada sedikit penambahan jumlah pemilih hampir 2 persen dibandingkan jumlah pemilih dari pemilu sebelumnya,” jelasnya.

Adapun jumlah pemilih yang terbanyak diantara desa-desa yang ada di Kecamatan Cipanas, yakni di wilayah Desa Cimacan. Sebab, jumlah TPSnya pun lebih banyak, secara otomatis jumlah pemilih pun cukup banyak.

“Jadi di Cipanas yang paling banyak pemilih dan TPS adalah PPS desa Cimacan,” ujarnya.

Kemudian, Dodi menambahkan, agenda selanjutnya dari PPK sendiri, setelah hasil tadi siang, insya Allah akan dilanjutkan kembali hasil tersebut ke tingkat kabupaten. Yang rencananya antara tanggal 13 atau 15 September 2020 nanti.

“Karena sampai saat ini kami belum mendapatkan kepastian waktu, jadi kami masih menunggu informasi atau undangan dari KPU Kabupaten Cianjur tentang rapat pleno terbuka di tingkat kabupaten,” pungkasnya. (dan)