Terbongkar! Produksi Miras Palsu di Cianjur, Penjualan Hingga Kota Bandung

TERBONGKAR: Salah satu rumah di Perumahan Sukamulya Regency Blok F Kampung Sukaluyu Rt 05 Rw 10 Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu digerebek Satnarkoba Polres Cianjur karena memproduksi minuman keras (miras) palsu dengan berbagai merek. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Satuan Narkoba Polres Cianjur berhasil membongkar pembuatan miras palsu di Perumahan Sukamulya Regency Blok F Kampung Sukaluyu Rt 05 Rw 10 Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu. Dari hasil tangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan 300 botol dengan berbagai merek yang diracik dalam drum 120 liter dengan komposisi air 100 liter dan 20 liter alkohol serta peracik rasa.

Selama enam bulan tersangka melakukan bisnis haramnya ini tanpa diketahui tetangga sekitar dan bahkan tidak ada yang menyangka dengan aktifitas yang dilakukan. Selain itu, merek yang didapatkan pun tak luput dari penyelidikan petugas kepolisian nantinya.

“Ini lokasinya jauh dari jalan raya ataupun tempat ramai, yang hanya beberapa rumah saja. Sebanyak 300 botol berbagai merek yang diracik dalam drum dengan komposisi air 100 liter, 20 liter alkohol dan peracik rasa yang disesuaikan dengan merek minuman,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai.

BACA JUGA : Tak Diketahui Warga Sekitar, Begini Proses Pembuatan Miras Palsu di Cianjur

Keuntungan yang didapat pun kurang lebih Rp9 juta dalam satu bulan dengan target penjualan di Cianjur dan Kota Bandung seperti tempat hiburan. Selain 300 botol dan 120 liter drum, turut diamankan juga tempat pengaduk dan alat cetak untuk pres botol agar terlihat baru.

“Alkohol yang digunakan pelaku sebesar 90 persen, ini akan kita dalami mengenai bahaya dari minuman ini karena di Cianjur banyak sekali korban dari miras,” ungkapnya.

Tutup dan botol dibeli pelaku dari jual beli online, termasuk juga alkohol dan kita akan dalami semuanya,” tegasnya.

Pelaku pun dijerat Pasal 204 KUHP UU Nomor 18 Tahun 2012 dengan maksimal hukuman 12 tahun penjara. (kim)