TNI-Polri Siaga Amankan Tahapan Pilkada Serentak

Foto: Dokumentasi For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jelang tahapan pendaftaran bacalon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav. Ricky Arinuryadi, beserta Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai, datangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Kamis (3/9/2020). Saat ini para petugas keamanan disiagakan mengamankan pada setiap tahapan pilkada.

Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav. Ricky Arinuryadi, mengatakan, kegiatan silaturahmi tersebut untuk memastikan bahwa proses Pemilu berjalan dengan baik. Polres Cianjur bersera Kodim 0608 siap mendukung penuh kinerja KPU yang profesional.

BACA JUGA : Pilar Awali Pendaftaran Ke KPUD Cianjur

“Kita membahas berbagai hal tentang Pemilu. Kerawanannya apa saja, apa yang TNI-Polri bisa bantu sehingga proses Pemilu dari awal sampai akhir nanti berjalan lancar dan tepat waktu,” paparnya

Diakuinya, dalam kesempatan itu turut hadir para pejabat Kodim dan Polres Cianjur. Kunjungan tersebut disambut langsung Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, beserta komisioner lainnya di Aula KPU Kabupaten CIanjur. Dandim menambahkan, diharapkan masyarakat tidak terpengaruh hal negatif menjelang Pilkada Cianjur.

“Selain itu juga dapat meredam masyarakatnya tidak tergiring dalam Isu hoaks, ujaran kebencian, dan opini negatif yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai, menyebutkan jajarannya menyiagakan sebanyak 150 personel untuk mengawal jalannya proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Kantor KPU Cianjur pada 4-6 September 2020. Rifai menuturkan, ratusan personel yang disiagakan dalam setiap proses tahapan Pilkada untuk meminimalisir dan mengantisipasi situasi yang tak diinginkan.

BACA JUGA : Terbongkar! Produksi Miras Palsu di Cianjur, Penjualan Hingga Kota Bandung

“Setiap proses di KPU kami lakukan pengamanan secara maksimal. Agar setiap proses tahapan pilkada berjalan aman dan lancar,” kata Rifai.

Selain kekuatan personel dari polsek dan polres, jelas Rifai, pengamanan pada setiap tahapan pilkada akan diperkuat personil dari Polda Jawa Barat.

“Kalau lihat kekuatan sementara 150 personel, nanti kita lihat situasinya. Selain dari Polres dan Polsek nanti kita siapkan juga dari Polda,” ucapnya.

Rifai mengimbau kepada partai politik yang akan mengantarkan pasangan calon mendaftar ke KPU untuk memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya mengajak untuk bersama-sama menciptakan kondusifitas keamanan di Cianjur khususnya dalam pelaksanaan Pilkada,” tukasnya. (dan)