Pelanggar Tak Pakai Masker Beranggapan Cianjur Masih Zona Hijau

HARUS PAKAI MASKER: Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Cianjur kembali menggelar razia masker di Jalan Siliwangi. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Cianjur nampaknya masih belum disadari sebagian masyarakat. Beberapa masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan, minimal dengan menggunakan masker. Sehinggal hal tersebut harus membuat petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Cianjur bekerja ekstra memberikan pemahaman serta sosialisasi.

Di Jalan Siliwangi, tepatnya di Taman Kreatif Joglo masih didapati beberapa masyarakat tak menggunakan masker. Bahkan pengendara roda dua lebih memilih putar arah di jalan satu arah tersebut tanpa memikirkan keselamatan.

“Giat operasi masker dalam penerapan AKB ini kita lakukan di dua lokasi yakni disini (Jalan Siliwangi, red) dan Alun-Alun Cianjur. Ini bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur,” ujar Kasi PAI Satpol PP Kabupatrn Cianjur, Tommy.

Lanjutnya, banyaknya masyarakat yang tak memakai masker dikarenakan merasa bahwa Cianjur masih dalam zona hijau. Padahal saat ini Cianjur tengah dalam zona kuning dan kondisi penyebaran Covid-19 kembali melonjak.

“Banyak yang melanggar karena merasa Cianjur masih zona hijau, itu yang kadang disalah artikan masyarakat. Harusnya masker tetap dipakai agar penyebaran terputus,” jelasnya.

Selain masyarakat yang beraktifitas di luar tanpa masker, pihaknya pun akan melakukan tindakan berupa imbauan hingga sanksi terhadap tempat makan dan cafe yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Tentu nanti kalau untuk tempat makan dan cafe akan kita datangi, bagi mereka yang tidak menerapkan protokol kesehatan akan kita tegur dan imbau. Tapi masih melanggar, akan kita perintahkan untuk tutup sementara waktu,” tegasnya.

Mengenai pencabutan izin, pihaknya tidak sampai ke arah tersebut. Penindakan belum sampai kepada sanksi berat hingga izinnya dicabut. (kim)