Tanggulangi Dampak Pandemi, Ponpes di Sindanglaya Dapat Bantuan

SALURKAN: Upaya mengurangi dampak pandemi, Kementan melalui BBPP yang bekerjasama dengan TTM dan Pemdes Sindanglaya menyalurkan bantuan ke Ponpes. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dalam upaya mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, Kementerian pertanian (Kementan) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang yang bekerja sama dengan TTM (Taiwan Technical Mission) dan Pemerintah Desa Sindanglaya memberikan bantuan sembilan bahan pokok (Sembako) dan sayuran hasil panen kelompok tani kepada Pondok pesantren Assalafiyah Kampung Tarigu RT 03 RW 05 Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Rabu (9/9/2020).

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang K. Sanusi mengatakan, bantuan yang disalurkan itu berupa satu kwintal beras dan satu ton sayuran hasil panen, termasuk sembako.

“Bantuan yang diberikan ini mudah-mudahan dapat meringankan beban pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang tentunya ikut terdampak pandemi saat ini,” ujarnya.

Nyanyang menuturkan, bantuan tersebut mulanya berasal dari kelompok tani desa Sindanglaya yang dibina oleh Kementerian Pertanian melalui BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission.

“Sesuai dengan kesepakatan bahwa sebagian hasil panen akan diberikan kepada warga (pondok pesantren). Untuk itu Alhamdulillah, kini kami bisa menyalurkannya,” katanya.

Pemerintah desa berharap, bahwa para petani yang tergabung dalam kelompok tani di Sindanglaya akan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam bidang teknologi pertanian. Sehingga menghasilkan kualitas yang lebih baik, dan dapat berkontribusi membantu masyarakat dalam memberdayakan ekonomi.

“Jadi kedepannya, kelompok tani yang ada khususnya bagi mereka yang telah dapat pembinaan, bisa terus bermanfaat bagi semuanya. Artinya bukan hanya dalam segi bisnisnya saja, tetapi bisa mengembangkan bersama-sama para petani lain,” pungkasnya. (dan)