TPSA Pasir Sembung Bakal Dipindah, Ini Lokasinya!

OVERLOAD: Tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) Pasir Sembung akan beralih ke Cikalongkulon dengan luas lahan kurang lebih 25 hektar. (Foto Ilustrasi)

RADARCIANJUR.com- Tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) Pasir Sembung kondisinya sudah semakin menggunung. Sudah berbagai cara dilakukan agar mengurangi serta gunungan sampah tersebut tidak menumpuk. Bahkan, saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur melakukan pengerukan sampah dan sampah tersebut menjadi alas atau jalan.

Sekretaris DLH Kabupaten Cianjur, Sugeng Apriyanto mengatakan, cara yang dilakukan pertama sisa lahan di TPSA Pasir Sembung diberikan alas terlebih dahulu dengan terpal lalu diberikan ban bekas dan ditumpukan sampah di atasnya.

“Gunungan sampah sedikitnya tidak menjulang, memang yang jadi pokok permasalahan bukanlah gunungannya tapi pengurangan sampahnya. Tapi kita sudah upayakan dengan membangun TPS3R di setiap kecamatan dan pengelolaannya dikembalikan kepada masyarakat,” ujarnya.

TPS3R tersebut bukan sebagai penampung sampah, akan tetapi menjadi tempat perecah sampah lalu dibawa ke TPSA. Sehingga tidak menjadi penumpukan sampah.

“Kan sudah ada TPS3R, disana sampah diolah dulu dipisah-pisah dari sampah organik dan non organik. Kalau organik bisa dijadikan pupuk serta lainnya dengan mesin yang ada dan kalau non organik itu diperkecil ukurannya jadi direcah,” jelasnya.

Selain itu, saat ini pihaknya pun sudah mempersiapkan lahan di wilayah Kecamatan Cikalongkulon untuk menjadi TPSA selain di Pasir Sembung dengan target luas lahan 25 hektar. Akan tetapi, saat ini masih proses pembelian perlahan demi perlahan.

“Sudah bukan rencana lagi karena kan Pasir Sembung sudah overload ya, tapi kita sekarang lagi proses. Yang dibutuhkan untuk menjadi TPSA itu kurang lebih 25 hektar, ya kalau bisa lebih besar dari Pasir Sembung,” ungkapnya.

(kim)