Seratus Anggota Serikat ‘Pekka’ Cianjur Dapat Bantuan

SALURKAN: Perwakilan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia, bersama Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai PDI-P, Diah Pitaloka memberikan paket bantuan spesifik bagi ibu, anak, dan lansia. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak seratus paket kebutuhan anak dan perempuan yang tergabung dalam Serikat Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Cianjur, memperoleh bantuan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia, melalui aspirasi Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Diah Pitaloka, Sabtu (12/9/2020), di Sekretariat Pekka Sukanagalih Kecamatan Pacet.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan Kreativitas dan Budaya Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia, Elvi Hendrani mengatakan, jalinan kerjasama di masa pandemi covid-19 dengan DPR ini sebetulnya sudah bersinergi baik.

Khusus di kementrian yang menangani penyaluran bantuan bagi perempuan dan anak ini, pihaknya kini bekerjasama dengan salah satu anggota DPR RI, Bu Diah Pitaloka.

“Alhamdulillah sebagaimana tugas dan fungsi kami di kementrian, hari ini kita bisa sama-sama menyalurkan bantuan spesifik bagi perempuan dan anak di Kabupaten Cianjur,” ujar Elvi, di Sukanagalih Kecamatan Pacet (Sabtu, 12/9).

Dalam isi bantuan yang diberikan, kata Elvi, memang sesuai dengan usia anak dan perempuan yang ada. Seperti yang telah disampaikan tadi misalnya untuk anak-anak. Mereka diberikan susu anak, makanan tambahan, dan vitamin. Begitu juga bagi lansia dan ibu hamil, mereka diberikan kebutuhan sesuai umur dan kebutuhannya masing-masing.

“Jadi itulah yang disebut bantuan spesifik bagi perempuan dan anak. Mereka diberikan kebutuhan sesuai dengan usia dan kebutuhannya,” kata Elvi.

Meski bantuan yang disalurkan sesuai dengan kemampuan dan anggaran yang ada, Elvi berharap, sedikit besarnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang terdampak pandemi saat ini.

“Kami sudah dengar sendiri, selama masa pandemi covid ini mereka cukup kesulitan mendapatkan asupan kebutuhan gizi, makanya kita mencoba memberikan makanan bergizi dan vitamin sesuai kebutuhan masing-masing,” katanya.

Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Diah Pitaloka menuturkan, kerjasama dengan Kementerian ini merupakan salah satu tugas anggota dewan. Termasuk memastikan perempuan dan anak di Indonesia dalam kondisi pandemi covid seperti ini tetap baik dan sehat.

“Hari ini bersama-sama dengan Kementerian PP-PA kami menyampaikan bantuan spesifik bagi perempuan dan anak. Hal ini amat penting bagi tumbuh kembang dan pemenuhan gizi anak, serta ibu hamil. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang serba-sulit ini,” ujar Anggota DPR RI Dapil 3, Kota Bogor dan Cianjur ini kemarin.

Di satu sisi, kata Diah, perekonomian masyarakat cukup terpukul. Tapi disisi lain, kebutuhan gizi sangat urgent untuk dipenuhi. Belum lagi kebutuhan tambahan lainnya seperti masker, sanitizer, atau protokol kesehatan.

“Semoga bantuan ini dapat betul-betul bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan spesifik perempuan dan anak ini. Kedepan, kebutuhan spesifik ini juga bisa mendapatkan porsi yang cukup, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” pungkasnya. (dan)