Sudah 114 Dokter Meninggal Karena Covid-19, 11 Diantaranya dari Jawa Barat

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com-Dokter yang meninggal karena Covid-19 di tanah air sudah mencapai angka 114 orang.
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyampaikan, dari 114 dokter itu, 11 di antaranya berasal dari Jawa Barat.

Data terbaru, di Jawa Barat, bertambah 6 dokter yang meninggal dunia. Sehingga total di Jawa Barat hingga kini sudah ada 11 dokter yang meninggal karena terlibat penanganan Covid-19.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar Eka Mulyana mengatakan, penambahan dokter yang meninggal ini karena terpapar langsung dan tidak terpapar langsung dari Covid-19.

“Covid langsung, tidak langsung,” kata Eka Mulyana, Sabtu (12/9/2020).

Semakin meningkatnya eskalasi pertambahan kasus baru Covid-19, pihaknya mengeluarkan surat edaran kepada seluruh sejawat dokter di Jabar dan seluruh masyarakat.

“Kami juga sudah edarkan SE ke seluruh Jabar terkait kewaspadaan ekstra terkait eskalasi makin terus bertambahnya angka kejadian Covid-19. Baik masyarakat umum maupun tenaga medis/kesehatan,” tuturnya.

Dalam surat edaran tersebut diminta agar seluruh dokter dan tenaga medis menghindari resiko terpapar terutama di area atau daerah resiko tinggi dimanapun berada.

Ketua IDI Jabar juga mengajak untuk ikut serta edukasi dan mengawasi protokol kesehatan di setiap lapisan di tengah masyarakat.
Serta selalu berkorrdinasi dan bekerja sama dengan satgas serta pihak berwenang setempat.

“Lindungi diri kita berarti juga lindungi keluarga dan lingkungan kita. Tidak tertular tidak menularkan. Kita semua ingin pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan normal kembali,” kata Eka.

(ral/int/pojokjabar)