Pengurus Komisariat IKA UPI Kabupaten Cianjur Dilantik

KHIDMAT: Acara pelantikan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA-UPI) Kabupaten Cianjur. FOTO: HERRY/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia ( IKA-UPI)  menggelar pelantikan struktural Komisariat IKA-UPI Kabupaten Cianjur, di Bale Praja, Komplek Pendopo Pemda Kabupaten Cianjur.

Pelantikan yang diawali sambutan, pembacaan ayat Suci Alquran untuk kelancaran acara, pembacaan dan pengambilan sumpah ketua dan anggota struktural Komisariat IKA-UPI Kabupaten Cianjur itu, dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dari ketua Komisariat kepada Ketua Umum IKA UPI Pusat serta diakhiri pembacaan doa dan foto bersama.

Acara yang berlangsung khidmat tersebut, dihadiri Ketua Umum pengurus IKA UPI Pusat Enggartiasto Lukita, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, Rektor UPI, Unsur Forkopimda Kabupaten Cianjur, Dewan Penasehat, Tim Formatur, Ketua dan Anggota Struktural Organisasi Komisariat IKA UPI Kabupaten Cianjur, para anggota Alumni UPI, Wakil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan sesuai anjuran Pemda Kabupaten Cianjur.

Ketua Umum IKA-UPI Indonesia, Enggartiasto Lukita, menyampaikan masa depan Negara dan Bangsa khususnya masa depan Kabupaten Cianjur, sangat ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia dan kualitas sumberdaya manusia sangat ditentukan oleh tenaga pendidik.

“Saya titipkan bagi ketua serta jajaran pengurus Komisariat IKA-UPI Kabupaten Cianjur, lakukan yang terbaik jaga nama baik almamater dan tingkatkan pendidikan dan sumberdaya manusia di Kabupaten Cianjur,” katanya pada radarcianjur.com.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, pendidikan sangat penting peranannya untuk meningkatan tarap hidup manusia, melalui pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian apapun yang dilakukan harus berdasarkan ilmu, dan ilmu itu pula bisa didapatkan dari tenaga pendidik.

”Saya sangat mengapresiasi dengan dilantiknya Ketua dan Anggota Struktural Komisariat IKA -UPI Kabupaten Cianjur. Dengan adanya Komisariat IKA-UPI di Cianjur, mari bersama–sama berjuang meningkatkan sumberdaya manusia dan IPM Kabupaten Cianjur lebih baik lagi tentunya dengan pendidikan yang menunjang juga meningkatkan perekonomian dan taraf hidup manusia khususnya di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisariat IKA-UPI Kabupaten Cianjur, Himam Haris menjelaskan, IKA-UPI merupakan wadah silaturahmi, persaudaraan untuk pengembangan diri dan pembelajaran juga meningkatkan kapasitas peran dan kontribusi pembangunan di Kabupaten Cianjur.

“Berdasarkan data sementara jumlah alumni UPI yang berada di Kabupaten Cianjur berjumlah 1.173 orang sebagian besar mengabdi dibidang pendidikan, dengan jumlah sebanyak itu, Komisariat IKA-UPI Kabupaten Cianjur optimis dapat berkontribusi besar bagi pembangunan Cianjur ke depan. Selain itu, untuk membangun leading sektor, memajukan ekonomi, juga memberikan kontribusi nyata nantinya,” jelasnya.

Himam menambahkan, dengan pelantikan ini pihaknya bersama seluruh jajaran struktural maupun anggota akan mencoba mewujudkan dari pada visi misi IKA UPI, yaitu mewujudkan pembangunan Kabupaten Cianjur kedepan serta memaksimalkan SDM dari seluruh anggota alumni IKA UPI  ke dalam juga meningkatkan kontribusi daripada alumni di masa yang akan datang.

“Selain untuk membangun leading sektor, memajukan ekonomi, juga memberikan kontribusi nyata bagi Kabupaten Cianjur ke depan, sebab ekonomipun harus didukung dengan pendidikan yang memadai, jadi kita berharap dalam kebijakan pemerintah dan kesiapan dari para alumni ini dapat menyatu dan berintregasi baik itu tenaga pendidik maupun di sektor lainnya juga dapat bersatu memajukan sesuai fungsinya,” pungkasnya.(hry)