Jelang Pilkada, PDI-P Cianjur Lakukan Kaderisasi dan Rekrutmen Saksi

KADERISASI: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Cianjur melaksanakan training of trainers (TOT) atau kaderisasi kepada ratusan calon kader. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Cianjur melaksanakan training of trainers (TOT) dan rekrutmen saksi kepada ratusan kader jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang, di Hotel Bintang Raya, Gadog Kecamatan Pacet, Selasa (15/9/2020).

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jawa Barat, I Ketut Sustiawan mengatakan, adanya kegiatan ini adalah kewajiban partai yang mendasar dengan melakukan kaderisasi pendidikan politik.

“Karena kita baru saja menyelesaikan Musancab di 32 Kecamatan, jadi pembentukan pengurus anak cabang di 32 Kecamatan ini sebagai kelanjutan kita lakukan kaderisasi. Kalau di PDIP Perjuangan itu kita mengenal yang namanya lima mantap,” ujar I Ketut kepada wartawan, Selasa (15/9).

Adapun lima mantap tersebut, kata I Ketut diantaranya, mantap ideologi, mantap organisasi, dan mantap kaderisasi.

“Jadi nanti disusul mantap program dan mantap sumber daya. Jadi lima mantap ini harus kita lakukan,” sambungnya.

I Ketut mengatakan, sebagai partai pengusung pasangan calon bupati yakni Pak Herman, beliau adalah kader PDI Perjuangan juga. Maka tentu ini merupakan kewajiban partai untuk bergerak secara gotong royong di dalam pemenangan Pilkada nanti.

“Hari ini kita mulai dengan materi dan melatih kader untuk melakukan rekrutmen seleksi dan pelatihan saksi. Jadi kita melaksanakan training of trainer saksi untuk Pilkada 9 Desember nanti,” katanya.

Pelatihan dan rekrutmen saksi ini, I Ketut menyebutkan, bukan hanya di Kabupaten Cianjur saja, namun dilakukan juga di delapan Kabupaten yang mengikuti Pilkada.

“Kita semua lakukan acara seperti ini di delapan kabupaten kota. Diantaranya yang sudah menggelar yakni di Indramayu, Pangandaran, dan hari ini di Kabupaten Cianjur. Termasuk kota berikutnya pun akan dilaksanakan selesai pada 23 September sebelum penetapan pasangan calon,” kata I Ketut.

Setelah kaderisasi dan rekrutmen saksi di Pilkada ini selesai, pihaknya berharap bahwa Pak Herman bisa memenangkan kontestasi ini. Karena dengan begitu tentu visi misi partai dan tujuannya sebagaimana cita-cita kemerdekaan, di Cianjur ini bisa segera terwujud.

“Masih banyak PR di Cianjur ini. Tapi kita harus sama-sama wujudkan dan benahi persoalan-persoalan yang ada. Termasuk kita tingkatkan IPM Cianjur secara bersama,” tandasnya. (dan)