Sering Renovasi, Jalan Desa Cibodas Pacet Kerap Hancur Lagi

MEMBAHAYAKAN: Jalur di Desa Cibodas Kecamatan Pacet terpantau rusak dan cukup membahayakan pengguna jalan yang melintas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jalan yang menghubungkan dua Desa yakni Cibodas dan Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur kerap mengalami kerusakan lagi. Padahal jalan desa tersebut telah sering diperbaiki sejak beberapa tahun lalu.

“Rusaknya jalan itu sudah beberapa bulan lalu dan cukup membahayakan para pengendara jalan yang melintas. Padahal jalan Desa Cibodas tersebut sering direnovasi. Aneh saja saya, ko diperbaiki, tapi cepat rusak lagi,” kata salah seorang warga perempuan (46) di Kampung Cadas Gantung, Desa Cibodas, Pacet saat diwawancarai radarcianjur.com belum lama ini.

Ia mengatakan, bahwa kerusakan yang terjadi sudah beberapa bulan. Bahkan sempat direnovasi beberapa kali oleh pemerintah, namun tak pernah bertahan lama.

“Bahkan sempat tiga kali perbaikan jalan itu. Pertama pake beton, yang kedua menggunakan aspal, tapi tak bertahan lama. Terus yang ketika perbaikan lagi sekaligus pelebaran jalan, namu tetap saja jalan ini kembali rusak,” kata warga.

Menurutnya, kondisi jalan yang rusak itu cukup membahayakan para pengendara. Bahkan, tak jarang ada pemotor yang terjatuh dari kendaraannya saat menghindari mobil dari arah berlawanan karena posisi jalan sedikit curam dan berbelok.

“Gak tau kenapa setiap diperbaiki tiga bulan, rusak lagi. Kemudian diperbaiki lagi tiga bulan rusak lagi. Bener-bener heran,” imbuhnya.

Dirinya menduga pengerjaan perbaikan jalan tersebut kurang maksimal. Bahkan jika diaspal pun terlihat tipis pengerjaannya.

“Mungkin ada permainkan gitu kang saat pengerjaannya. Jadi yah, ketika hujan pun langsung terkelupas lagi,” katanya.

Dirinya mewakili masyarakat lain berharap, ketika ada perbaikan jalan lagi, bisa dibangun secara baik dan maksimal dengan kualitas bagus. “Jangan sampai ada dugaan permainan dalam proyek pembangunannya. Sehingga tidak akan cepat rusak, yang pada akhirnya membahayakan pengendara jalan” tutupnya.

Terpisah, Kepala Desa Cibodas Kecamatan Pacet belum memberikan tanggapannya terkait kondisi jalan yang kini rusak tersebut, saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Kamis (17/9/2020). (dan)