BLT Usaha Mikro di Cianjur Baru Segini, Siap-siap yang Belum Kebagian

UMKM

RADARCIANJUR.com – Program bantuan pemerintah pusat atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta melalui Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, kepada para pengusaha mikro yang telah cair khususnya di Kabupaten Cianjur baru mencapai 3800 penerima manfaat.

“Selama adanya program ini, data yang kami himpun, di Kabupaten Cianjur sendiri baru mencapai 3800 penerima manfaat. Sedangkan yang sudah diusulkan sebanyak 106.000 pelaku UMKM,” terang Kepala Bidang Bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Indra Sunggara saat dikonfirmasi radarcianjur.com, Jum’at (18/9).

Pada program tersebut diharapkan bisa memberikan bantuan modal di masa pandemi Covid-19 selama ini, khusus bagi para pelaku usaha mikro kecil. Sehingga usaha mereka tidak berhenti dan bisa terus bergulir.

“Untuk cara mendapatkan bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta, itu pelaku usaha kecil bisa mendaftarkan diri melalui online yang sudah ada, ataupun diusulkan oleh dinas terkait. Bahkan bisa juga dibantu melalui pemerintah kecamatan dan kelurahan/ desa hingga ke RT,” jelasnya.

Selain itu, Indra menjelaskan, syarat UMKM yang bakal mendapatkan bantuan senilai Rp 2,4 juta dari pemerintah itu harus sesuai dengan persyaratan yang ada. Diantaranya, tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan atau KUR. Kemudian pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya
Bukan ASN.

“Termasuk jika anggota TNI/POLRI, dan pegawai BUMN/BUMD itu tidak bisa mendapatkan bantuan tersebut,” tambahnya.

Termasuk, lanjut Indra, nantinya pelaku usaha akan diidentifikasi dan diusulkan oleh Lembaga Pengusul yang di antaranya adalah Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Provinsi dan kabupaten/kota, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, Kementerian/Lembaga.

“Pelaku usaha yang telah melakukan kredit usaha mikro di perbankan, itu juga tidak bisa masuk dalam kriteria. Bahkan bisa jadi tidak akan cair,” katanya. (dan)

BLT UMKM Kabupaten Cianjur

Jumlah bantuan BLT UMKM
Rp 2,4 juta
Penerima Bantuan:
Pengusaha mikro/UMKM

Yang Sudah:
3.800 Pelaku UMKM

Yang Diusulkan:
106.000 pelaku UMKM

Cara Daftar:

Mendaftarkan secara online
Diusulkan oleh dinas terkait, dibantu melalui pemerintah kecamatan dan kelurahan/ desa hingga ke RT.

Syarat UMKM penerima bantuan:

Tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan atau KUR.
WNI dengna memiliki NIK.

Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya.

Bukan ASN.