Masyarakat di Kecamatan Cipanas Kompak Bersih-bersih di Gerakan World Clean Up Day

GERAKAN BERSAMA: Masyarakat di Kecamatan Cipanas kompak bergerak mengikuti world clean up day 2020. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Gabungan seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur kompak melaksanakan World Clean Up Day 2020 atau gerakan bersih-bersih di setiap titik yang akhirnya bermuara di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Sabtu (19/9/2020).

Ketua Pelaksana World Clean Up Day 2020, Sansan Iksan mengatakan, gerakan bersih-bersih ini merupakan agenda ke-3 kalinya yang telah dimulai sejak 2018 lalu.

“Aksi bersih-bersih ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Namun yang sekarang itu kita lebih mengangkat sisi edukasi, informasi dan networkingnya juga kepada para peserta. Selain daripada tetap mengutamakan aksi ‘beberesih’ di setiap wilayah. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama giat berlangsung,” tutur Sansan kepada radarcianjur.com, Sabtu (19/9/2020) usai kegiatan.

Aksi gerakan bersih-bersih ini pun, kata Sansan, bukan hanya berlangsung di Kabupaten Cianjur saja, tapi di 157 negara di dunia pun ikut serta dalam giat peduli lingkungan tersebut.

“Kami mewakili dari Cianjur yang memang pergerakan ini berada di desa Sindanglaya, jadi fokusnya kita semua bekerja sama dengan hampir seluruh komunitas dan elemen masyarakat di Kabupaten Cianjur melaksanakan aksi aksi ini,” ujarnya.

Selain itu, Sansan menyebutkan, peserta yang mengikuti World Clean Up Day tahun ini sekitar 250 orang dari berbagai kalangan, juga elemen semua khususnya warga Cipanas.

“Tadi kita semua bergerak bergotong-royong bagaimana membangun sebuah pola kebersamaan dalam gerakan murni aksi peduli kebersihan. Dengan harapan kegiatan ini akan menjadi barometer ke depan agar rutinitas semacam ini bisa terus diterapkan di lingkungan masyarakat,” tukasnya.

Kepala Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Nyanyang Kurnia Sanusi mengatakan, acara yang digagas seluruh elemen masyarakat khususnya di Pemerintah Desa Sindanglaya ini bukan hanya acara tingkat desa, tapi sudah gerakan tingkat dunia. Dimana warga dunia turut serta terlibat dalam aksi bersih-bersih internasional.

“Tahun ini merupakan tahun ketiga kita semua melakukan aksi bersih-bersih secara berturut-turut,” ucapnya.

Termasuk, lanjut Nyanyang, khusus di Kabupaten Cianjur sendiri, para pegiat lingkungan yang terlibat dan selalu aktif itu cukup dominan dari wilayah Cipanas. Sehingga aksi bersih-bersih ini dilakukan di Kecamatan Cipanas, khususnya Desa Sindanglaya.

“Kebetulan saya sebagai kepala desa Sindanglaya, bersyukur bisa menjadi tuan rumah dalam kegiatan kali ini,” ujarnya.

Aksi World Clean Up Day ini, menurut Nyanyang, lebih kepada gerakan kampanye tentang kebersihan lingkungan.

“Jadi bukan hanya sisi upaya membersihkan lingkungan saja, tetapi langkah kecil memberikan stimulan kampanye kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalisir tingkat volume sampah rumah tangga,” paparnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi pemicu atau sebagai pengingat dalam mendorong masyarakat untuk tetap senantiasa menjaga kebersihan lingkungan,” tambahnya. (dan)