Operasi Yustisi, Polsek Pacet Amankan Puluhan Pelanggar dan Kendaraannya

DIAMANKAN: Polsek Pacet tengah mengamankan kendaraan usai menggelar operasi yustisi di wilayah Kecamatan belum lama ini. Foto: Dadan Suherman Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Pacet bersama anggota TNI dan pemerintah kecamatan setempat melaksanakan operasi yustisi di depan jalur Pacet, Kabupaten Cianjur hampir setiap harinya.

Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria mengatakan, seperti diketahui penyebaran covid-19 khususnya di Kabupaten Cianjur ini masih perlu dilakukan antisipasi. Salah satunya adalah dengan melaksanakan operasi yustisi yang fokus terhadap para pengendara.

“Jadi para pengendara yang tidak menggunakan masker atau tidak membawa surat-surat kendaraannya kita amankan dan diberi Sanki sesuai aturan. Dengan harapan bahwa ada efek jera bagi mereka,” ujar AKP Galih kepada radarcianjur.com saat dikonfirmasi.

Hukuman yang diterapkan pihaknya, terbagi dalam beberapa kategori. Yang pertama adalah hukuman sosial seperti membacakan Pancasila, lagu Indonesia, bersihkan jalan dengan menyapu. Kedua, lanjut AKP Galih, sankinya adalah tindakan fisik seperti push up terukur, dan sebagainya.

“Selanjutnya kita juga ada yang disanki berupa denda sesuai aturan termasuk yang gak bawa surat-surat kendaraannya pun kami berikan peringatan,” katanya.

Lebih lanjut, AKP Galih mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan petugas gabungan ini akan menggelar operasi yustisi ini. Sebab, belum ada perintah dan instruksi pimpinan.

“Kita juga akan terus melaksanakan kegiatan pre-emtif ini termasuk membagikan masker gratis kepada mereka yang tak menggunakan masker,” ujarnya.

Berdasarkan laporan yang terdata, AKP Galih menyebut, bahwa setiap harinya lebih dari 50 orang yang terjaring operasi ini. Baik pengendara yang tidak menggunakan masker, maupun yang tidak membawa surat-surat kendaraannya.

“Supaya mengantisipasi adanya tindak pencurian motor atau pengendara kendaraan yang tak bersurat resmi, kami lakukan pengecekan. Jika kedapatan tak membawa bahkan tak ada surat kendaraan, kami amankan kendaraan tersebut ke Mapolsek,” terangnya.

Camat Pacet, Yudi Suhartoyo mengatakan, demi meningkatkan kewaspadaan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19, petugas gabungan akan terus melaksanakan protokol kesehatan dengan menyosialisasikan khususnya pengendara untuk menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

“Kita sosialisasikan terus kepada warga masyarakat karena di kita ternyata tidak lepas dari wabah tersebut apalagi kita daerah perbatasan dengan Jabotabek,” ujar Yudi.

Tak lupa, Yudi menyampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Pacet, apabila warga telah pergi keluar kota, maka harus melaksanakan isolasi mandiri. Apalagi jika misalnya ada indikasi yang bersangkutan sakit. Harus segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

“Penanganan covid-19 ini juga harus dilaksanakan hingga ke tingkat RT RW. Karena telah dibentuk satgas di masing-masing kampung,” pungkasnya. (dan)