Mau Perpanjang SIM? Harus Psikotes Dulu

HARUS PSIKOTES: Perpanjang SIM harus kembali mengikuti psikotes sebelum mendapatkan SIM baru. (Fotk Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Masyarakat Kabupaten Cianjur yang akan memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) nampaknya harus mengikuti kembali tes yaitu psikotes sebelum mendapatkan perpanjangan SIM.

Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan pengemudi memiliki gangguan psikologi dan dapat membahayakan diri sendiri serta orang lain.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty mengatakan, saat ini memang di seluruh kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan hal tersebut. Sementara untuk di Polda Jawa Barat masih dalam tahap sosialisasi.

“Iya memang harus melakukan psikotes lagi, karena kan lama sudah lima tahun. Jadi sesuai peraturan, harus ada psikotest,” ujarnya.

Pemberlakuan psikotest bagi perpanjangan SIM saat ini belum dilaksanakan dan masih melakukan sosialisasi melalui media sosial dan media informasi lainnya.

“Beberapa Polda di daerah lain sudah menerapkan, hanya saja di Jawa Barat masih sosialisasi. Kemungkinan bulan depan akan dilaksanakan,” jelasnya. (kim)