Sigap! Warga dan Polsek Pacet Berhasil Tangkap Komplotan Curanmor di Sukatani

Tangkapan layar dalam video rekaman Cctv warga terlihat salah seorang pelaku curanmor menggunakan kaos warna merah muda. Foto: Dokumentasi For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Pacet bersama warga di Kampung Panagan, Desa Sukatani Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur berhasil menangkap komplotan pencuri kendaraan sepeda motor (curanmor), Selasa (22/9/2020) malam.

Salah seorang warga yang juga ikut menangkap para pelaku, Asbim Misbahuddin (39) menuturkan, kejadian curanmor itu berawal setelah para pelaku yang diketahui berjumlah empat orang itu melakukan pesta miras di kontrakan salah seorang tersangka.

Tak lama berselang, tiga orang dari mereka berpencar. Ternyata bukannya pulang, tapi malah akan melancarkan aksinya untuk mencuri motor di depan kontrakan si pelaku tadi.

“Saya tau kronologis itu karena kebetulan dekat dengan kantor kerja saya. Bahkan sekitar waktu magrib, satu bungkus miras yang dibeli para pelaku itu terjatuh di depan kantor saya,” ujar Asbim kepada radarcianjur.com saat ditemui, Rabu (23/9/2020).

Lebih lanjut Asbim mengungkapkan, raibnya motor Suzuki Spin berplat Cianjur berwarna biru milik Saori itu, diketahui sekitar pukul 21.15 WIB. Setelah sang pemilik motor melihat ke depan rumahnya. Hingga akhirnya langsung menginformasikan kepada warga yang masih berkumpul di dekat kantor Bumdes Sukatani.

“Setelah mengetahui ada yang kehilangan motor, warga pun langsung berkoordinasi ke kepolisian dan menginformasikan ke warga lain supaya keberadaan para pelaku dan kendaraan yang dicuri bisa ditemukan,” katanya.

Hingga beberapa waktu kemudian, lanjut Asbim, akhirnya warga pun mengetahui keberadaan pelaku yang mencuri itu dari rekaman CCTV milik warga.

“Tak menunggu lama, kami pun langsung bergegas mencari kendaraan si pelaku setelah melihat rekaman kamera pengawas atau Cctv yang ada di dekat lokasi pencurian. Termasuk berkoordinasi dengan kampung lain,” ujarnya.

Asbim menuturkan, setelah warga mengetahui keberadaan salah seorang pelaku, akhirnya disergap dan diinterogasi. Hingga sekitar pukul 23.30 WIB, ketiga lainnya pun berhasil ditemukan dan ditangkap bersama anggota Polsek Pacet.

“Alhamdulillah sekitar pukul 23.30 WIB, warga bersama Babinkamtibmas dan anggota Polsek berhasil menangkap ke empat pelaku. Termasuk mengamankan barang bukti motor yang dicuri itu,” tukasnya.

Terpisah, Babinkamtibmas Desa Sukatani, Aipda Yusup Supriadi membenarkan adanya kejadian dan penangkapan pelaku curanmor tersebut. Termasuk dirinya juga terus mengimbau warga semua di Sukatani, agar lebih meningkatkan kewaspadaan khususnya bagi kendaraan yang diparkir di lingkungan masing-masing.

“Kami dari Polsek telah sering mengimbau dan memasang spanduk peringatan juga kepada warga, agar lebih waspada dan berhati-hati. Mudah-mudahan kejadian seperti itu tidak terulang kembali di Desa Sukatani,” katanya. (dan)