Pemdes Cimacan Kompak Bersih-bersih di Jalur Cibodas

KOMPAK: Pemerintah Desa Cimacan bersama lembaga yang ada, kompak akan membersihkan jalur di Cibodas Cimacan, usai foto bersama ini. Foto: Dadan Suherman Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna mempererat tali silaturahmi antar seluruh unsur dan lembaga, Pemerintah Desa Cimacan menggelar aksi bersih-bersih di sepanjang jalur Cibodas hingga bagi-bagi masker dan penyemprotan disinfektan, Rabu (23/9/2020).

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail menuturkan, kegiatan yang dilakukan bersama seluruh lembaga desa dan masyarakat ini adalah untuk memperingati hari bersih-bersih sedunia beberapa waktu kemarin.

Namun, lanjut Deden, di sisi lain peringatan ini pun dijadikan pemerintah desa sebagai momen untuk menjalin kekompakan semua unsur yang ada di desa.

“Karena pada dasarnya bahwa Desa Cimacan ini berada di lingkungan ODTW Cibodas. Jika dibandingkan dengan desa-desa yang lain itu bahwa Cimacan ada sebuah keuntungan, memiliki beragam objek wisata. Maka dari itu harus kita jaga bersama,” tutur Deden kepada radarcianjur.com, Kamis (24/9).

Deden mengatakan, semua lembaga yang ada di desa seperti K3, LPM, karang taruna, PKK, Kompepar, dan ormas-ormas hingga RT RW pun ikut dilibatkan dan hadir.

“Ide ini muncul karena pemerintahan desa dan semua lembaga termasuk semua masyarakat pun berkewajiban untuk menjaga lingkungan apalagi pemerintah Desa Cimacan berada di lingkungan objek daerah tujuan wisata Cibodas,” ujarnya.

Deden mengaku, bahwa pelaksanaan giat tersebut merupakan baru pertama kalinya dilaksanakan selama ia menjabat di desa. Namun kedepan, kata Deden, hal semacam itu akan menjadi agenda tahunan rutin.

“Bersih-bersih ini dilakukan di sepanjang jalur Raya Cibodas,” ujarnya.

Tak hanya bersih-bersih saja, dalam peringatan ‘World Clean Up Day’ ini pun, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan juga bagi-bagi masker kepada warga Desa Cimacan.

“Kemarin kita berhasil mengumpulkan masker dari para donatur lebih dari 500 masker, dan Alhamdulillah kita bagikan semua. Sebagai langkah atau upaya mengantisipasi penyebaran covid 19 khususnya di desa Cimacan,” tuturnya.

Dirinya berharap, mudah-mudahan dengan adanya acara ini, bahwa warga masyarakat bisa terus memelihara kebersihan. Termasuk di masa pandemi Covid-19 yang sekarang masih ada.

“Mudah-mudahan warga semuanya tidak terkena Covid, dengan tetap menjaga kebersihan dan kekompakan di wilayah masing-masing bersama seluruh lembaga yang ada di desa Cimacan,” pungkasnya. (dan)