Cegah Covid-19, Seluruh Staf Zuri Resort Cipanas Dirapid Massal

JALANI RAPID: Seluruh Staf Zuri Resort Cipanas menjalani rapid tes massal, Jum'at (25/9/2020). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna mencegah serta mengantisipasi adanya penularan dan penyebaran virus Covid-19, Zuri Resort Cipanas, Cianjur, menggelar rapid tes massal kepada seluruh staf hotel bintang empat tersebut, Jum’at (25/9/2020).

General Manager Zuri Resort & Convention Cipanas, Vallien Ishak menuturkan, pelaksanaan ini merupakan salah satu bentuk antisipasi pihaknya di masa pandemi saat ini, terlebih kepada seluruh karyawan yang ada di Zuri Resort agar mereka mengetahui apakah terkonfirmasi atau tidak.

“Jadi kegiatan ini sebenarnya lebih kepedulian perusahaan dalam mencegah dan mendukung program pemerintah guna memutus mata rantai Covid-19. Termasuk meyakinkan bahwa bisnis kita dalam pelayanannya, telah sehat dan sudah melakukan pola hidup yang sesuai protap kesehatan,” ujar Vallien kepada radarcianjur.com, Jum’at (25/9).

Maka dari itu, kata Vallien, rapid test massal ke sebanyak 61 karyawan ini wajib diikut. Termasuk jika memang ada hasilnya yang reaktif, pihaknya akan melanjutkan ke tingkat swab dan semua biaya ditanggung perusahaan.

“Pelaksanaan ini gratis bagi seluruh karyawan. Namun jika diketahui ada yang reaktif dan proses swab pun terkonfirmasi positif, maka karyawan tersebut akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari, dengan tetap diberikan gaji,” terangnya.

Vallien menambahkan, komitmen yang dilakukan pihak manajemen terhadap karyawan Zuri ini pun akan sangat dipertanggungjawabkan. Termasuk jika dalam isolasi mandiri itu, karyawan bersangkutan keluar dari rumah, itu langsung akan diputus kontrak kerjanya.

“Artinya itu sudah konsekuensi bersama. Karena memang kita menjaga bahwa semua karyawan harus sehat. Itu program intinya,” ujar Vallien.

Selain itu, Vallien mengatakan, rapid tes massal ini berlaku bagi semua grup Zuri Hotel management yang tersebar di 23 hotel seluruh Indonesia.

“Harapan kita bahwa semua karyawan Zuri itu harus sehat. Supaya lebih melayani tamu hotel juga lebih maksimal,” tukasnya.

Dokter Klinik Santo Yusuf Cipanas, Magdalena Suryani Manik menuturkan, dalam pelaksanaan rapid tes sendiri, pihaknya menyiapkan empat tim medis. Yang terdiri dari analis, dan dokter.

“Jadi prosesnya itu kita ambil sampel darah, kemudian kita sentrifus. Intinya kita pemeriksaan rapid secara serologi. Jadi bukan manual dari tangan langsung,” terangnya.

Termasuk, kata Magdalena, sebelum dilakukan rapid tes tersebut, pihaknya memberikan sosialisasi kepada seluruh karyawan Zuri, bagaimana hidup sehat serta pencegahannya.

Salah Seorang Karyawan Zuri Resort & Convention Cipanas, Ratih mengatakan, sebagai karyawan Zuri Resort Cipanas, dirinya merasa bersyukur karena dari manajemen bisa memfasilitasi untuk melakukan rapid tes ini.

“Sebagai karyawan, kami merasa aman dan tenang adanya rapid ini. Kita berharap semua hasilnya akan baik-baik saja,” katanya. (dan)