Tahapan Kampanye Pilkada Bakal Segera Dimulai, Ini Syaratnya

Pilkada Cianjur

RADARCIANJUR.com – Usai pelaksanaan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Cianjur kemarin, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah menyebut, tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan mulai 26 September 2020 nanti, yakni masa kampanye para Paslon.

“Mulai 26 September esok, sampai dengan tanggal 5 Desember 2020 itu adalah tahapan kampanye. Dimana para pasangan calon yang sudah ditetapkan itu mengkampanyekan masing-masing visi misi nya kepada masyarakat Cianjur,” ujar Selly usai rapat pleno terbuka kemarin, di Hotel Yasmin.

Untuk itu, kata Selly, pihaknya mengharapkan kepada seluruh peserta pemilihan, juga para pendukung, tim kampanye dan seluruh stakeholder di dalam tahapan kampanye ini, bisa melakukan tahapan tersebut secara santun, tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid 19.

“Harus tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini,” katanya.

Adapun batasan-batasan yang harus dilakukan dalam tahapan kampanye ini, tutur Selly, itu telah dijelaskan saat rapat kampanye dan pertemuan terbatas tempo hari.

“Ada pembatasan jumlah untuk tatap muka dan dialog dalam kampanye itu hanya 50 orang. Termasuk diutamakan saat kampanye pun menggunakan media online. Tetapi apabila memang tidak bisa menghindari kaitan dengan metode tersebut, masih tetap diperkenankan dengan jumlah batasan-batasan tertentu,” jelasnya.

Lebih lanjut Selly menambahkan, untuk tingkat nasional ini, target pemilih dalam Pilkada nanti, bisa mencapai 77,5%.

“Harapan kami tentu, kita bisa mencapai target tersebut paling tidak bisa sama dengan target yang sudah kita capai pada pemilu 2019, yakni sekitar 75,5% untuk pemilihan serentak sekarang ini,” tukasnya. (dan)