KPAI Daerah Cianjur Siap Perjuangkan Hak Anak

SIAP BERTUGAS: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Daerah Cianjur resmu dilantik. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com– Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Daerah Kabupaten Cianjur telah diresmikan dan siap mengemban tugas untuk memberikan perlindungan kepada anak di Kabupaten Cianjur.

Pada Jumat (25/9) di Ruang Garufa Pendopo Pemkab Cianjur secara resmi telah dilantik dengan Nomor 463/Kep.326-Kesra/2020 tentang Pembentukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah periode 2020-2025.

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Komisioner KPAI Pusat, KPAI Jawa Barat, Forkopjmda, OPD, Pejabat Kantor Kementrian Agama Cianjur dan Kabag Kesejahteraan Rakyat.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, keberadaan lembaga KPAI sangat diperlukan, terutama dalam hal pengawasan serta perlindungan terhadap anak khususnya di Kabupaten Cianjur.

“Saya titip kepada para komisioner yang baru dilantik agar aktif melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan amanat Ulundang-undang, mari bersama-sama kita dukung Kabupaten Cianjur yang ramah anak,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPAI, Susanto sangat mengapresiasi Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman sebagai kepala daerah yang memiliki kepedulian dan keberpihakan terhadap perlindungan dan hak-hak anak. Itu terlihat dengan respon yang baik dan cepat dalam pembentukan KPAID Cianjur.

“Saya meminta para komisioner agar lebih jeli dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak anak, memberikan masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan tentang penyelenggaraan perlindungan anak,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua KPAID Kabupaten Cianjur, Dadang Misbah Fuad Fauzi, pasca dilantik mengatakan, pihaknya bersama komisioner lainnya akan segera melakukan konsolidasi internal dan mendengar aspirasi maupun temuan temuan di masyarakat, serta mengikuti tahapan berikutnya yang telah ditetapkan sesuai SOP dari KPAI pusat.

“Kami mohon doa dan dukungannya dari semua pihak dalam menjalankan amanah ini, semoga kami istiqomah,” tutupnya. (kim)