Ini Wakil Jawa Barat Pada ajang Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020

Deden Bhakti Indradi Daryana S, PD guru dari SMK TBSM Negeri 8 Bandung sedang menjelaskan proses belajar mengajar secara online kepada Dewan Juri melalui video.

RADARCIANJUR.com – PT Daya Adicipta Motora bersama dengan PT Astra Honda motor menyeleksi 130 tenaga pengajar unggul dan kreatif dari 130 SMK TBSM Astra Honda di Wilayah Jawa Barat dalam gelaran Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020.

Pada pelaksanaan kontes kreativitas mengajar guru SMK TBSM Astra Honda ini, Deden Bhakti Indradi Daryana S, PD guru dari SMK TBSM Negeri 8 Bandung berhasil terpilih mewakili Jawa Barat untuk maju ke Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru tingkat Nasional yang akan dilakukan secara daring.

Seleksi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online meneruskan komitmen AHM untuk memastikan kualitas guru yang mumpuni agar semakin adaptif dan kreatif dalam memberikan materi ajar melalui proses pembelajaran jarak jauh yang sedang diterapkan saat ini. Para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar.

General Manager Technical Service DAM, Denny Budiman mengatakan, “Walaupun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring karena kondisi pandemi saat ini, kami ingin tetap selalu hadir dan berkontribusi terhadap dunia pendidikan dengan memfasilitasi dalam menjaga kompetensi guru dan siswa di dunia vokasi.

“Kontes Kreatifitas Pembelajaran Online 2020 menjadi sebuah ajang kompetisi yang menarik, karena mendorong guru untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kontes Kreativitas ini bermuara untuk mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring,” ujar Denny.

Kontes ini digelar dengan beberapa tahapan yang dilaksanakan sejak bulan Agustus 2020 dimulai dari proses sosialisasi ke sekolah-sekolah, pendaftaran, seleksi tingkat sekolah, seleksi teori, sampai dengan seleksi di tingkat Regional. Kontes kreatifitas guru ini dimulai dari tingkat sekolah, kemudian menghasilkan 1 peserta guru sebagai perwakilan dari setiap sekolah.

Total sebanyak 130 peserta perwakilan dari SMK TBSM wajib mengirimkan materi berbentuk video saat pelaksanaan belajar mengajar. Kemudian dari 130 video yang masuk langsung diseleksi oleh Main Dealer untuk kelayakannya, sehingga menghasilkan 99 video dari 99 peserta yang cukup baik berdasarkan dari penilaian internal DAM. Dari 99 peserta tersebut di seleksi ulang melalui tes Teori Teknikal, hasilnya tedapat 65 yang secara video baik dan nilai teorinya baik.

Sehingga 65 peserta tersebut berhak untuk mengikuti seleksi selanjutnya di babak semi final sebelum adanya seleksi untuk ke tingkat Regional. Memasuki seleksi Regional ada 10 peserta yang beradu kompetisi secara langsung dengan menggunakan Aplikasi Zoom yang dilaksanakan pada 21 September 2020.

Juara 1 sekaligus yang akan mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional, Deden Bhakti Indradi Daryana mengatakan, ”Sejalan dengan kondisi yang sedang terjadi dalam pembelajaran di SMK saat ini, para guru dituntut untuk dapat melaksanakan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik secara daring maupun luring. Oleh sebab itu, saya menyampaikan terima kasih kepada PT. AHM dan PT. DAM yang telah memfasilitasi guru-guru SMK TBSM Astra Honda Jawa Barat untuk tetap berkreasi, berinovasi dan produktif di tengah pandemi ini.”

“Terima kasih juga atas penghargaan PT. DAM yang telah memilih saya untuk menjadi wakil dari regional Jawa Barat untuk berkompetisi di tingkat nasional. Semoga dengan bantuan dan dukungan dari semua pihak, saya mampu membawa Jawa Barat menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Melalui kegiatan-kegiatan serupa, saya harap sinergi antara SMK dengan PT. AHM serta PT. DAM dapat terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga konsep link and match dalam pendidikan vokasi bisa terwujud secara nyata dalam menghasilkan lulusan SMK yang kompeten, unggul dan berdaya saing internasional,” tutup Deden.(*)