Segera Buka Rekruitmen Pengawas TPS, Panwaslu Butuh 4.968 orang

RAKER: Rapat kerja SDM persiapan perekrutan pengawas TPS oleh Bawaslu Kabupaten Cianjur, Senin (28/9/2020). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur melalui panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan di masing-masing wilayah bakal segera membuka rekruitmen pengawas tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada Desember 2020 mendatang.

“Bawaslu Cianjur melalui Panwaslu harus membuka rekruitmen sebanyak 4.968 orang untuk dilantik secara daring menjadi pengawas TPS yang akan dilakukan pada 16 Oktober dan dilantik pada 16 November ini,” terang Komisioner Bawaslu Jawa barat, H Wasikin Marzuki, usai menghadiri rapat kerja pembinaan SDM dan kesekretariatan panwaslu Kecamatan se Kabupaten Cianjur di Sangga Buana Hotel, Pacet, Senin (28/9/2020).

Selain itu, Wasikin mengatakan, sempat memcuat adanya berbagai pendapat terkait dengan penundaan Pilkada karena konflik ini sudah dijawab oleh pemerintah bahwa pemerintah bersama Bawaslu, KPU, Komisi 2 DPR RI sudah memutuskan bahwa Pilkada akan berlangsung 9 Desember 2020.

“Hal ini pula tentu seluruh unsur terkait telah meminta masukan ahli-ahli,” kata Wasikin.

Wasikin mengatakan, pelaksanaan tersebut tentu saja dengan catatan harus sesuai dengan peraturan KPU dan Bawaslu terbaru yang terkait dengan protokol kesehatan.

“Jadi intinya Pilkada tetap 9 Desember 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan dan catatan-catatan lainnya,” katanya.

Wasikin mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Cianjur, selain menyampaikan materi, juga adanya pembinaan kepada Panwaslu yang nantinya harus melantik pengawas TPS setelah dilakukan perekrutan dan seleksi.

“Beberapa panwascam mengeluh karena terkendala kesulitan-kesulitan rekruitmen terutama masalah usia 25 tahun dan minimal ijazah SMA,” ujarnya

Wasikin mengatakan, lulusan SMA dan sudah usia 25 tahun, di kampung-kampung tertentu itu biasanya telah bekerja di luar daerah. Namun begitu, dirinya tetap memberi semangat kepada rekan-rekan di Panwascam agar bisa melaksanakan tahapan tersebut dengan baik.

“Jadi dari sekarang Panwascam harus menyiapkan personel sejumlah TPS yang ada 4968 ditambah TPS khusus untuk Lapas,” tukasnya. (dan)