Kampanye Bebas, Tapi Ada Syaratnya

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Pelaksanaan kampanye di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Cianjur berlangsung tanpa adanya jadwal maupun sistem zona. Dalam PKPU pun tidak diatur, namun dalam undang-undang jadwal diatur yaitu untuk rapat umum. Tapi rapat umum berdasarkan PKPU 13 termasuk yang dilarang, sehingga tidak diperbolehkan.

Adapun jadwal yang dibuat oleh KPU Kabupaten Cianjur hanya untuk debat publik yang dilaksanakan pada 20 November 2020. Sementara iklan kampanye berlangsung 14 hari sebelum masa tenang.

“Kampanye bebas dilakukan, tapi kan kampanye sekarang harus dilakukan secara daring dan tidak boleh melakukan pengumpulan massa,” ujar Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Masyarakat KPU Kabupaten Cianjur, Rustiman.

Lanjutnya, meski pasangan calon (paslon) diperbolehkan melakukan kunjungan namun harus mengikuti aturan seperti protokol kesehatan dan bukan hari yang dilarang. Meskipun di PKPU tidak mengenal mengenai hari yang dilarang seperti Hari Libur Nasional dan Hari Libur Keagamaan.

“Hari besar kampanye dan hari besar keagamaan itu dilarang, meskipun di PKPU itu tidak mengenal mengenai hari yang dilarang,” jelasnya. (kim)