Tong Sampah di Trotoar Saja Sampai Dicuri

MENGKHAWATIRKAN: Salah satu tong sampah di Jalan Aria Cikondang kondisinya sudah rusak dan tak layak dan lebih parahnya lagi dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Rusaknya tong sampah di beberapa jalan protokol di Kabupaten Cianjur ternyata rata-rata disebabkan salahnya penyalahgunaan tempat sampah tersebut. Pasalnya, beberapa masyarakat menganggap tong sampah tersebut digunakan sebagai penampungan sampah untuk lingkungan masyarakat. Akan tetapi kenyataannya, tong sampah tersebut disediakan sebagai fasilitas bagi masyarakat yang melintas atau pejalan kaki di sepanjang trotoar.

Kondisi tersebut diperparah dengan kapasitas sampah yang begitu banyak dari masyarakat, hingga saat ini pun fasilitas tong sampah yang dikelola oleh Bidang Preservasi Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur harus menunggu hingga 2021 untuk diganti.

Kabid Preservasi Jalan Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Didi Sunardi mengatakan, dari semua tong sampah yang disediakan rata-rata sudah rusak parah dan beberapa diantaranya sudah diangkut untuk nantinya diganti.

“Itu bukan tempat penampungan sampah lingkungan, tapi diperuntukan sebagai penampung sampah pejalan kaki atau masyarakat yang melintas. Sehingga akibat kuota sampah yang ditampung dari lingkungan membuat tempat sampah malah menjadi rusak dan bahkan ada yang dicuri,” ujarnya.

Lanjutnya, seharusnya masyarakat mengerti dengan keberadaan tong sampah tersebut yang disediakan untuk pejalan kaki. Seperti halnya di kota-kota besar, keberadaan tong sampah bukan sebagai penampungan sampah lingkungan tapi disediakan kepada pejalan kaki ketika akan membuang sampah.

“Di kota lain kan itu disediakan kalau pejalan kaki akan membuang sampah, bukan untuk menampung sampah lingkungan. Seharusnya ini lebih dimengerti. Sekarang kondisinya lebih banyak yang rusak dan bahkan dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” jelasnya.

Pihaknya pun harus menunggu hingga 2021 untuk pengadaan kembali tong sampah yang sudah rusak maupun hilang dicuri. Selain itu, kedepannya akan dipasang plang pemberitahuan mengenai penggunaan tong sampah tersebut.

“Supaya nanti tidak salah kaprah lagi dalam peruntukannya, kita akan pasang plang juga mengenai peruntukan tong sampah ini agar tidak rusak lagi,” tutupnya.

(kim)