DAM bersama Ditlantas Polda Jabar Adakan Edukasi Webinar Safety Riding Bersama Mahasiswa Psikologi UNISBA

RADARCIANJUR.com – Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang sekarang ini sedang kita hadapi ada banyak hal yang dapat merubah emosi kita secara tiba-tiba. Dalam berkendara, kita harus mampu mengontrol aktivitas tubuh kita dengan baik agar tidak membahayakan diri kita sendiri maupun orang lain, emosi merupakan salah satu faktor besar yang dapat mempengaruhi seperti apa pergerakan dari tubuh kita khususnya dalam hal ini adalah cara berkendara.

PT Daya Adicipta Motora mengajak mahasiswa Universitas Islam Bandung (UNISBA) mengikuti acara Webinar Safety Riding pada 29 September 2020, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ditlantas Polda Jawa Barat Kompol Eli Herlina, SH yang memberikan materi keselamatan berkendara lengkap dengan video simulasi. Sementara Instruktur Safety Riding DAM, Tamy Pratama memaparkan materi terkait pentingnya berkendara yang aman nyaman yang hubungannya pada pengaruh keadaan psikologis seseorang terhadap cara berkendara di masa AKB.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan, mengatakan “Materi yang diberikan oleh kami sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari Mahasiswa Psikologi UNISBA agar setiap mahasiswa yang mendapatkan materi dari kami dapat memprediksi setiap potensi bahaya yang akan terjadi selama berkendara saat di jalan raya. Dalam webinar kali ini disampaikan perlunya beberapa aspek di dalam diri pada saat berkendara yang diantaranya, pengalaman, skill (Keterampilan) berkendara, pengetahuan, dan salah satu yang terpenting adalah aspek emosional di dalam diri.

Ada banyak sekali jenis emosi mulai dari marah, bahagia, sedih, benci, takut, dan lain-lain, yang dapat mempengaruhi cara berkendara. Selain itu disampaikan juga tips-tips berkendara yang pastinya sangat berguna bagi seluruh Mahasiswa Psikologi di dalam menganalisa setiap potensi bahaya yang ada selama di perjalanan.

Selama kegiatan webinar tersebut selain pemberian materi-materi secara teori yang disampaikan oleh instruktur Safety Riding DAM dan Ditlantas Polda Jabar, acara webinar juga disajikan dengan games menarik yang nantinya akan diambil 2 orang pemenang dari games tersebut untuk diberikan hadiah menarik yaitu Honda Apparel.

Selain itu agar tetap memvisualisasikan edukasi praktek yang ditiadakan dari edukasi online kali ini, edukasi Safety Riding menyajikan video-video virtual Teknik berkendara, video animasi Cari_Aman, dan video-video tips berkendara yang dikemas secara menarik untuk tetap memvisualisasikan keseluruhan materi teori yang disampaikan. Semoga dengan adanya edukasi seperti ini, seluruh Mahasiswa Psikologi Unisba tetap selalu menjaga keselamatan berkendara dan selalu menyebarkan informasi mengenai keselamatan berkendara ini, serta selalu #Cari_Aman ketika berkendara. (*)