Kampanye Pilkada 2020 Sudah Berlangsung, Bawaslu Awasi Secara Daring dan Tatap Muka

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Memasuki hari keenam masa kampanye para kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur mengaku belum mendapatkan temuan adanya pelanggaran dalam penyelenggaraan kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Zawari mengatakan, secara teknis pihaknya melakukan pengawasan secara langsung saat paslon melakukan kampanye dan wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak kepolisian yang ditembuskan ke KPU dan Bawaslu Kabupaten Cianjur.

“Belum ada sampai saat ini, secara teknis mengawasi langsung dan tim kampanye wajib menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada kepolisian setempat bisa melalui polres maupun polsek yang ditembuskan ke Bawaslu dan KPU Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Selain itu, semua paslon yang mengikuti kontestasi politik daerah pun agar menenaati aturan serta menerapkan protokol kesehatan.

“Harapannya semua paslon mengikuti aturan yang ditetapkan, baik paslon dan tim,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikrinu menambahkan, kampanye di masa pandemi memaksimalkan dan mewajibkan paslon melakukan kampanye secara daring tapi tidak melarang secara tatap muka. Asalkan dengan jumlah peserta setengah dari kapasitas dan mengikuti protokol kesehatan serta melalui akun resmi bapaslon.

“Tetap ketika paslon mendatangi warga, Bawaslu mengawasi mengenai penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.

Lanjurnya, kampanye secara daring diawasi mengenai konten kampanye atau peserta yang dilarang mengikuti kampanye.

“Kalau untuk kampanye daring, kita awasinya dari konten kampanye dan juga siapa-siapa saja yang boleh dan tidak boleh mengikuti kampanye secara daring. Jadi kita memantau juga,” jelasnya. (kim)