DLH Cianjur Ambil Sampel Limbah B3 di Haurwangi

Limbah B3 Dari KBB Dibuang ke Haurwangi

RADARCIANJUR.com – Dansektor 11 Citarum Terjun ke Lokasi Pembuangan Limbah yang diduga B3, di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi. Untuk memastikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur mengambil sampel dari limbah berbahaya itu.

Limbah-limbah tersrbut diduga dibuang oknum tak bertanggungjawab di perbatasan Cianjur-Kabupaten Bandung Barat.

Dansektor 11 Citarum Harum, Kolonel Robby Neilwan Simanjuntak, mengatakan, setelah mendengar laporan dari Koramil dan membaca media, pihaknya langsung melakukan pengecekan ke lokasi.

“Setelah saya mengecek ke lokasi memang benar ada tumpukan karung berisi limbah pabrik yang dibuang di lahan kosong dan di rest area yang jadi kawasan DAS Citarum,” katanya.

Dansektor mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan di beberapa lokasi, yakni di jalaman masjid rest area, di Kampung Pokland Desa Haurwangi, dan lahan kosong LMDH Desa Sukatani Kecamatan Haurwangi.

“Saat di lokasi saya menemukan salah seorang penerima limbah sedang malakukan evakuasi memindahkan karung itu ke belakang rumah warga,” katanya. (2/10/2020)

Adanya pembuangan limbah pabrik di Kecamatan Haurwangi khususnya di sekitar DAS Citarum, lanjut Dansektor 11, sangat disesalkan. Pasalnya, sampah ataupun limbah tidak diperkenankan dibuang di kawasan DAS Citarum dan di lingkungan.

“Jangankan di DAS Citarum di lingkungan pun tidak diperbolehkan adanya yang membuang sampah apalagi berbentuk limbah pabrik. Kami mengajak semua elemen masyarakat peduli terhadap lingkungan, saling menjaga dan mengamankan lingkungan dari sampah serta limbah,” ujarnya.

Menurutnya, Koordinasi akan terus terjalin baik pemerintah kecamatan ataupun warga. Hal itu, untuk mensinergiskan TNI Polri, Pemerintah dan Mayarakat. Menjaga dan mengawasi program Citarum Harum agar tidak ada sampah serta limbah.

“Peran TNI khususnya Satgas Citarum dengan masyarakat sangat butuhkan untuk menciptakan lingkungan, dan Citarum bisa terjaga. Saya berharap peran semua lini terus terjaga dan berkesinambungan,” ujarnya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur melakukan pengecekan dan pengembilan sempel limbah yang diduga mengandung B3 di wilayah Kecamatan Haurwangi, Rabu (30/9/2020).

Kepala Seksi Penegak Hukum (Gakum) DLH Kabupaten Cianjur, Dindin Solihin mengatakan, pihaknya melakukan peninjauan lokasi yang dijadikan pembuangan limbah yang diduga mengandung bahan B3.

“Kami langsung mengambil sempel limbah. Agar dapat dilakukan pengecekan apakah benar ada bahan B3 nya apa tidak,” katanya.

Dindin mengatakan, sempel akan dikirim ke laboratorium di Bandung, untuk memastikan pemeriksaan. Selain itu, pihak DLH juga belum bisa membenarkan adanya limbah yang mengandung B3.

“Kami belum bisa memastikannya. Karena harus menunggu hasil laboraturium selama 20 hari,” ujarnya.

Ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan ada dugaan limbah tersebut mengandung B3 nya. Karena setelah dilihat limbah itu seperti bekas pabrik kain yang telah diendapkan.(dil)