Ratusan Pekerja Bidang Pariwisata Cianjur Ikut Uji Kompetensi di Sarongge

UJI KOMPETENSI: uJi kompetensi Program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) bidang pariwisata. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sedikitnya 200 lebih pekerja bidang pariwisata di Kabupaten Cianjur mengikuti uji kompetensi Program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Cakra Wisata Indonesia dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), di Hotel Sarongge Valley, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Rabu (30/9/2020).

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Dewan Pengurus Cabang Cianjur, Dadang Purnama mengatakan, sekitar 250 para pelaku usaha dalam hal ini pekerja bidang pariwisata di Kabupaten Cianjur mengikuti kegiatan uji kompetensi yang terbagi dalam tiga hari pelaksanaan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk upaya kami bersama dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang kepariwisataan di daerah Cianjur dan sekitarnya,” ujar Dadang kepada radarcianjur.com, Kamis (1/10/2020).

Dalam pelaksanaannya, Dadang menyebut, telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Cakra Wisata Indonesia dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk kelangsungan kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan harapan kami, pelaksanaan ini bisa menjadi satu acuan bagi para pekerja pariwisata khususnya yang ada di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Miftahul Azis mengatakan, perlu adanya sertifikasi bagi para pekerja di bidang kepariwisataan ini guna meningkatkan kualitas SDM di sektor pariwisata, khususnya di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor dan Jawa Barat.

“Kami harapkan dengan adanya uji kompetensi sertifikasi profesi di Sarongge ini dapat jadi pendorong tentang kesadaran pentingnya Sertifikasi Kompetensi Profesi Sektor Pariwisata,” ujarnya.

(dan)