Trump dan Istri Positif Covid-19

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania

RADARCIANJUR.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump dinyatakan positif terkena virus Korona pada Kamis (1/10) malam. Hal itu diakui langsung dan diumumkan oleh Trump melalui kicauannya di Twitter. Trump diduga tertular dari asisten terdekatnya, Hope Hicks.

‘Malam ini, @FLOTUS dan saya dinyatakan positif Covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini bersama!” tegasnya di akun Twitter miliknya.

Asisten terdekatnya, Hope Hicks tertular Covid-19 setelah bepergian bersama Trump naik Air Force One beberapa kali selama seminggu terakhir. Hicks dikatakan pertama kali merasa tidak enak badan saat kembali dari rapat umum di Minnesota. Dia sempat dikarantina di dalam pesawat dan diagnosisnya dikonfirmasi Kamis (1/10) menurut laporan seorang pejabat administrasi yang berbicara kepada Associated Press.

Trump kemudian melanjutkan jadwalnya pada Kamis (1/10) dan melakukan perjalanan ke dan dari resor golf Bedminster, New Jersey untuk ambil bagian dalam dua acara kampanye. Dia terbang kembali ke Gedung Putih pada malamnya, ketika Hicks dipastikan terkena virus Korona.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (2/10), Trump yang berusia 74 tahun, membuatnya berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat virus Korona. Namun, sebuah pernyataan dari dokter Gedung Putih mengatakan baik presiden dan ibu negara baik-baik saja saat ini. Namun sang dokter tak merinci apa gejala yang dialami Trump.

Trump sebelumnya dijadwalkan untuk hadir di penggalangan dana di Washington, D.C., dan rapat umum politik di Sanford, Florida pada Jumat (2/10). Namun agenda itu telah dibatalkan.

Ketakutan bahwa presiden mungkin tertular virus itu muncul setelah terungkapnya Hicks telah melakukan perjalanan dengan Marine One, helikopter kepresidenan, dan Air Force One dalam seminggu terakhir. Hicks naik Air Force One untuk terbang ke acara debat presiden pertama Selasa (29/9) malam di Cleveland. Hicks dan Trump turun dari Air Force One tanpa masker. Hicks juga melakukan perjalanan dengan presiden ke rapat umum di Pennsylvania.(jwp)