Lima Nakes di Cianjur Terkonfirmasi Positif Covid-19, Diisolasi di Vila Bumi Ciherang

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Lima orang tenaga kesehatan di salah satu puskesmas yang ada di Kabupaten Cianjur terkonfirmasi positif COVID-19. Pelayanan pun dibatasi, dengan sebagian besar pegawai puskesmas dirumahkan.

Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat Abdulrachim membenarkan adanya laporan lima tenaga medis (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cianjur.

“Berdasarkan laporan, ada lima nakes terkonfirmasi positif Covid-19. Tapi kini telah dilakukan isolasi di tempat yang telah ditunjuk untuk penanganan pasien Covid-19,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (5/10/2020).

BACA JUGA : Jalan Cijati-Leles-Agrabinta Masih Tertutup Longsor

Sebelumnya, Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur Yusman Faisal, mengatakan hasil swab test untuk tenaga medis di puskesmas bersangkutan keluar beberapa hari lalu.

“Hasilnya ternyata lima orang di puskesmas terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Yusman, belum lama ini saat dikonfirmasi.

Menurutnya, lima orang nakes itu positif tanpa gejala. Sehingga mereka dibawa dan dirawat di vila bumi Ciherang, yang dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19.

“Sudah dibawa ke vila bumi Ciherang, diisolasi di sana. Karena tanpa gejala,” ucapnya.

Yusman mengaku pihaknya belum mengetahui darimana kelima orang nakes itu terpapar COVID-19. “Sifat penularannya sporadis, sehingga trackingnya sulit. Terpenting saat ini penelusuran untuk mencegah ada penularan berikutnya,” kata dia.

Untuk pelayanan di puskesmas, lanjut Yusman, tidak ditutup. Namun jumlah pasien dibatasi, sebab petugas yang berjaga di puskesmas juga hanya 25 persen dari total petugas yang ada.

BACA JUGA : Mancing Ikan, Warga Padalarang Tenggelam di Cirata

Sebagian besar tenaga medis dan pejabat puskesmas dirumahkan, terutama mereka yang berkontak erat dengan lima orang tersebut.

“Pelayanan masih, tapi dibatasi. Karena layanannya puskesmas dibutuhkan di sana. Sebagian besar pegawai yang berkontak erat dirumahkan,” kata dia. (dan)