Tekep Isolator Karya Dosen Politeknik Negeri Bali Dimanfaatkan PLN dari Aceh Hingga Papua

RADARCIANJUR.com-Dosen Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali (PNB) Dr. Ir. I Wayan Jondra, M.Si sukses menorehkan sejarah. Tekep Isolator hasil karyanya, berhasil dimanfaatkan oleh sejumlah PLN dari Aceh hingga Papua.

Tekep Isolator karya Wayan Jondra telah mendapatkan perlindungan Hak Kekayan Intelektual. Insan vokasi Indonesia ini juga sekaligus menorehkan sejarah kerja sama yang kuat antara PNB dengan industri pengguna (PLN UID Bali) serta industri produsen (PT. Adi Putra) yang telah menyumbangkan sejumlah Tekep Isolator untuk keperluan praktek pembangunan dan pemasangan saluran udara tegangan menengah (SUTM) di Workshop Teknik Elektro PNB.

Jondra menuturkan, Tekep Isolator merupakan jawaban atas kegerahan yang dialami oleh PLN UID Bali pada Tahun 2012, karena kenyataan yang terjadi sering sekali kabel A3CS SUTM 20 KV putus akibat partial discharge dan sambaran petir.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Bali, Nyoman Abdi, SE, MECOM mengatakan, keberhasilan ini menjadi kado istimewa untuk Dies Natalis PNB ke-33, serta sebagai bukti keunggulan Pendidikan Vokasi.

“Tekep Isolator ini adalah produk kebanggaan Politeknik Negeri Bali. Dikonsep dan dibuat dengan perpanduan pengetahuan, keterampilan, kreatifitas yang dipadukan dengan sentuhan bisnis dari dosen kami dari jurusan teknik elektro. Sehingga produk ini bisa dipakai secara masal oleh PLN, mulai dari Aceh sampai Papua. Ini sebagai bukti bahwa Pendidikan Vokasi (Politeknik) sudah mampu berkolaborasi dengan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja) dengan sangat baik,” tutur Nyoman Abdi kepada Pojoksatu.id.

(dia/adv/pojoksatu)