99 Warga Dipasang Kaki dan Tangan Palsu Gratis

Warga sedang dipasang kaki palsu di kantor PCNU Cianjur. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Cianjur bagikan kaki palsu, tangan palsu, dan penopang kaki gratis kepada 99 warga, Rabu (7/10/2020) di kantor PCNU Cianjur.

Ketua PCNU Cianjur KH Choirul Anam mengatakan, kegiatan pemasangan kaki dan tangan palsu merupakan kegiatan sosial rutin yang diikuti dari berbagai daerah di Cianjur.

“Alhamdulillaah hari ini sampai hari Jumat LKNU Cianjur melaksanakan kegiatan pemasangan kaki dan tangan palsu untuk 99 orang pasien berasal dari Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bandung Barat, Bandung, Sumedang, Tasikmalaya dan satu orang berasal dari Banyumas Jateng,” ujar Choirul Anam.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan secara rutin satu tahun dua kali itu atas kerjasama LKNU Cianjur dengan Yayasan Tuna Daksa Indonesia.

Ketua LKNU dr Hj Mien Suranto mengatakan, bakti sosial tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Sejauh ini Alhamdulilah lebih dari 1.000 kaki/tangan palsu yang sudah kami fasilitasi, semoga kaki dan tangan palsu serta brace atau penopang kaki bermanfaat bagi pasien difabel dan menambah motivasi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari,” katanya.

Seorang penerima kaki palsu, Endang (38), mengatakan lebih percaya diri setelah mendapatkan kaki palsu gratis.

“Seminggu pertama pakai tongkat, sebulan masih berpegangan, lalu tiga bulan bisa normal sinkron dengan kaki,” ujar Endang.

Rasa percaya diri Endang pun berubah dari terpuruk menjadi penuh harapan dan percaya diri.

Setelah tiga bulan aktivitasnya bertambah, di samping terus meningkatkan usaha berjualan sembakonya, ia memberanikan diri untuk membeli sepeda motor.

“Rasa percaya diri saya bertambah, saya juga mendapat pendamping hidup dan kini dikaruniai anak,” katanya.(dil)