Baru 14 Kecamatan yang Selesai Hasil Perbaikan Daftar Pemilih

Pilkada 2020

RADARCIANJUR.com – Daftar pemilih sementara hasil perbaikan baru 14 kecamatan atau sekitar 30 persen yang masuk ke data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur.

Saat ini hasil perbaikan daftar pemilih sementara dilakukan di tingkat kecamatan.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikrinur, mengatakan proses pengawasan terus berlanjut dan hingga saat ini masih di bawah 50 persen dari total 32 kecamatan yang ada di Cianjur.

“Saat ini baru 14 kecamatan yang sudah masuk dari 32 kecamatan yang ada di kabupaten Cianjur,” ujar Hadi, Jumat (9/10/2020).

Komisioner Divisi Data KPU Kabupaten Cianjur, Anggi Sofia Wardhani, mengatakan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Kabupaten Cianjur berjumlah 1.629.050 terdiri dari laki-laki 828.270 dan perempuan 878.900.

Anggi mengatakan akan memampang DPS di kantor desa dan tempat umum untuk uji publik pada 19 September mendatang.

“Warga di Cianjur yang mempunyai hak pilih tapi belum terdaftar bisa melakukan perbaikan di masa uji publik yang akan dilakukan pada 19 September mendatang,” ujar Anggi.

Ia mengatakan, perbaikan DPS akan dilakukan PPS tingkat desa pada 2-3 Oktober. Selanjutnya akan bertahap sampai tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Sambil menunggu respons masyarakat apakah masih ada atau barangkali ada yang memang belum terdata kami juga menunggu peraturan atau surat edaran yang bisa saja muncul seperti pengalaman kemarin,” katanya.

Anggi mengatakan, perbaikan data pemilih prosesnya baru dimulai. Ia berharap kerjasama dari semua pihak agar proses pendataan hingga dihasilkan daftar pemilih tetap bisa berlangsung lancar.(dil)