Masa Pandemi dan Jelang Pilkada, Polsek Pacet Galakkan Patroli Rayon

LAUNCHING: Kapolsek Pacet AKP Galih Apria bersama Forkopimcam dan para kepala desa di dua kecamatan Pacet, Cipanas mulai launching program patroli rayon. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Pacet bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) di dua wilayah yakni Pacet dan Cipanas menggelar launching program patroli rayon.

“Sebetulnya dari sejak Pandemi Covid-19 sebagian masyarakat menjadi pengangguran. Secara otomatis tingkat kriminalitas pun mulai meningkat. Sehingga Polsek, Koramil yang didukung Forkopimcam juga MUI Kecamatan dan para kepala desa di dua wilayah, akan lebih menggalakkan patroli rayon,” tutur Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria Apr, Sip. Sik .Mik kepada radarcianjur.com, Sabtu (10/10/2020).

Dengan kebersamaan dan itikad baik dari seluruh unsur yang ada di dua wilayah, AKP Galih optimis program yang dimulai Sabtu ini, bisa efektif menekan angka kriminalitas khususnya di Kecamatan Pacet dan Cipanas.

“Jadi titik targetnya itu adalah tempat-tempat yang sering terjadi curanmor dan sebagainya,” ujar AKP Galih.

Meski begitu, kata AKP Galih, setelah program tersebut berlangsung satu bulan, pihaknya akan sama-sama mengevaluasi bagaimana efektivitas program ini.

“Kita akan undang para wartawan dalam evaluasi program tersebut. Apakah kegiatan yang kami lakukan bermanfaat atau enggak, atau malah justru tidak ada pengaruhnya. Makanya kita nanti sama-sama lihat,” imbuhnya.

Mekanisme yang dilakukan dari program baru ini, AKP Galih mengatakan, bakal menyentuh ke titik-titik yang dianggap rawan selama sehari penuh di seluruh desa yang ada di Kecamatan Pacet dan Cipanas nanti.

“Jadi piket yang hari itu dari kepolisian akan melaksanakan patroli rayon dengan melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dari TNI. Termasuk bantuan dari perwakilan 14 desa di dua wilayah itu serta MUI setempat,” katanya.

“Jadi satu desa itu bisa kebagian empat kali patroli dalam satu bulan,” tambahnya.

Termasuk, kata AKP Galih, pihaknya mengajak kepada seluruh unsur yang ada, agar lebih peka terhadap masyarakat langsung. Sehingga keamanan, ketertiban warga khususnya di wilayah hukum Polsek Pacet bisa lebih terjamin.(dan)