MUI Pacet Gencar Ajak Ponpes dan Jamaah Masjid Terapkan Protokol Kesehatan

BAKSOS: MUI Kecamatan Pacet rutin lakukan baksos dan mengingatkan pentingnya protokol kesehatan ke setiap masjid dan Ponpes. FOTO : Dadan Suherman / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, tak bosan mengingatkan para jamaah masjid dan pondok pesantren yang ada di wilayahnya untuk menerapkan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan keagamaan dimanapun berada.

Ketua MUI Kecamatan Pacet, KH. Ade Muchlis mengatakan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, pihaknya akan terus mengingatkan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi saat ini.

“Pelaksanaan ini sebetulnya telah dilaksanakan di mulai pandemi Covid-19 waktu itu. Namun untuk mengingatkan kembali, kami dari MUI Pacet akan terus berupaya,” katanya kepada radarcianjur.com, Sabtu (10/10/2020).

Dalam penerapan protokol kesehatan yang sering digalakkan MUI Pacet, yakni tak lepas dari 3M mencuci tangan, memakai masker, dan tetap menjaga jarak aman penyebaran Covid-19.

“Kami lebih menekankan protokol kesehatan kepada seluruh jamaah. Termasuk yang paling penting mengenakan masker dan membawa sajadah sendiri saat mengikuti sholat berjamaah di masjid,” ujarnya.

Dengan tetap menerapkan hal tersebut, menurut Haji Ade, merupakan langkah dan upaya pencegahan yang tidak akan menjadi perdebatan di tengah warga karena dinilai cukup masuk akal dan dapat dimengerti dengan mudah.

“Jadi selama pandemi COVID-19 ini, shalat berjamaah di seluruh masjid di Pacet diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membawa sajadah masing-masing bagi jamaah yang datang,” katanya.

Selain itu, MUI Pacet pun setiap Jum’at, sering melaksanakan bakti sosial dan bagi-bagi masker termasuk melakukan penyemprotan disinfektan di masjid-masjid.

“Alhamdulillah rutin tiap Jum’at itu kami laksanakan baksos. Mudah-mudahan hal ini bisa contoh dan yang penting bermanfaat bagi para jama’ah semua,” tukasnya. (dan)