Wow, Dana Kampanye Pilkada 2020 Cianjur Terbesar Se-Indonesia. Ini Jumlahnya

Dana Kampanye Pilkada 2020 Cianjur Terbesar Se-Indonesia.

RADARCIANJUR.com- Dana kampanye untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Cianjur kepada masing-masing calon telah ditetapkan dengan besaran maksimal Rp110 Miliar. Ternyata, hal itu membuat fantastis, pasalnya Kabupaten Cianjur menjadi daerah dengan batas dana kampanye terbesar se-Indonesia pada Pilkada serentak 2020.

Hal tersebut diketahui setelah pihak KPU RI menyampaikan pada saat rapat koordinasi dengan KPU Jabar jika Cianjur menjadi batas maksimal dana kampanye terbesar se-Indonesia.

“Batas maksimal dana kampanye tersebut sebenarnya sudah ditetapkan sejak akhir September 2020. Bukan hanya dari Pilbup atau Pilwalkot, tapi dibandingkan dengan yang menggelar Pilgub pun Cianjur masih yang terbesar,” ujar Ketua Bidang Hukum dan Pengawasan KPU Cianjur, Hilman Wahyudi pada radar cianjur.com Minggu (11/10/2020).

Lanjutnya, meski nilainya besar, namun angka tersebut sudah sesuai dengan rumus perhitungan dari KPU.

“Sudah sesuai, bahkan kita diapresiasi karena paling selaras dengan poin-poin dan rumus yang ada,” ungkapnya.

Lanjutnya, angka tersebut tiga kali lipat lebih besar dibandingkan Pilbup Cianjur 2015 yang hanya di angka Rp36 miliar.

“Ada beberapa poin yang membuat nilai batas maksimal dana kampanye menjadi besar. Diantaranya metode dan adanya materi untuk kampanye di tengah pandemi. Hal itu yang membuat angkanya naik,” jelasnya.

Untuk memastikan penyesuaian dana, pihak KPU memerintahkan kepada setiap Paslon untuk melaporkan dana kampanye yang masuk dan yang telah digunakan.

“Untuk laporan awal sudah, selanjutnya di akhir Oktober Paslon harus menyampaikan sumbangan dana kampanye. Di akhir nanti ada laporan dana yang masuk dan digunakan. Kami akan terus pantau untuk memastikan semuanya sesuai aturan,” tutupnya. (kim)