Desa Cipendawa jadi Sarang Aksi Curanmor di Pacet Cianjur

Ilustrasi pelaku ranmor.

RADARCIANJUR.com – Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria mengungkapkan dari hasil catatan kepolisian, aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang paling dominan mencapai lima hingga enam kasus selama satu bulan.

“Jadi yang paling banyak terjadi aksi Curanmor itu adalah di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet. Dengan jumlah kasus bisa mencapai enam kasus dalam satu bulan,” tegas AKP Galih kepada radarcianjur.com, Senin (12/10/2020).

Ia menuturkan, dari bulan Agustus 2020 , ada enam Tempat Kejadian Perkara (TKP) pencurian kendaraan bermotor. Dengan modus operandi para pelaku yakni dengan memanfaatkan kelengahan masyarakat.

“Contoh ketika hujan deras, ataupun malam. Karena kebanyakan masyarakat juga masih ada yang belum menyadari pentingnya antisipasi keamanan. Baik menggunakan kunci ganda dan sebagainya. Padahal itu adalah salah satu upaya untuk mengurangi angka pencurian kendaraan bermotor,” tutur AKP Galih.

Atas adanya hal tersebut, Kapolsek bersama unsur Forkopimcam di dua kecamatan yakni Pacet dan Cipanas, mulai rutin menggalakan program patroli rayon di setiap harinya secara bergantian dan terjadwal.

“Sebetulnya dari sejak Pandemi Covid-19 sebagian masyarakat menjadi pengangguran. Secara otomatis tingkat kriminalitas pun mulai meningkat. Sehingga Polsek, Koramil yang didukung Forkopimcam juga MUI Kecamatan dan para kepala desa di dua wilayah, akan lebih menggalakkan patroli rayon,” tutur AKP Galih.

Dengan kebersamaan dan itikad baik dari seluruh unsur yang ada di dua wilayah, AKP Galih optimis program yang dimulai ini, bisa efektif menekan angka kriminalitas khususnya di Kecamatan Pacet dan Cipanas.

“Jadi titik targetnya itu adalah tempat-tempat yang sering terjadi curanmor dan sebagainya,” ujar AKP Galih.

Meski begitu, kata AKP Galih, setelah program tersebut berlangsung satu bulan, pihaknya akan sama-sama mengevaluasi bagaimana efektivitas program ini.

“Kita akan undang para wartawan dalam evaluasi program tersebut. Apakah kegiatan yang kami lakukan bermanfaat atau enggak, atau malah justru tidak ada pengaruhnya. Makanya kita nanti sama-sama lihat,” imbuhnya.

Termasuk, kata AKP Galih, pihaknya mengajak kepada seluruh unsur yang ada, agar lebih peka terhadap masyarakat langsung. Sehingga keamanan, ketertiban warga khususnya di wilayah hukum Polsek Pacet bisa lebih terjamin. (dan)