Kasus Covid di Cianjur Masih Terus Naik

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal

RADARCIANJUR.com – Penegakan protokol kesehatan yang dianjurkan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dengan cara melaksanakan razia dinilai belum maksimal. Sebab, tren kasus Covid-19 di kota santri ini masih terus naik.

“Sepertinya belum bisa memberikan gambaran untuk penurunan kasus Covid. Karena yang dioperasikan di jalan, tidak menyentuh ke semua lapisan,” kata Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal.

Kondisi Covid-19 di Kabupaten Cianjur sendiri untuk saat ini, kata Yusman, trennya tiap hari terus naik. Hal tersebut terpantau selama kurun waktu kurang lebih dua minggu.

“Hal ini selaras dengan kabupaten/kota lain yang kasusnya sama meningkat. Artinya tidak hanya di Kabupaten Cianjur saja tetapi di Jabar dan nasional pun begitu,” tuturnya.

Yusman mengatakan, yang dilakukan satgas saat ini adalah mengevaluasi setiap minggunya bagaimana perkembangan kasus Covid di Kabupaten Cianjur. Dari mula dua Minggu sekali, kini hampir satu Minggu sekali.

“Kalau sebelumnya kan dua minggu sekali, tapi kini kami evaluasi seminggu sekali. Bahkan bila memungkinkan ya setiap dibutuhkan kita segera evaluasi apa permasalahan dan tindak lanjutnya,” kata Yusman.

Masih lanjut Yusman, dari permasalahan tersebut, pihaknya akan melihat kembali evaluasi minggu berikutnya apakah dengan strategi seperti itu akan terjadi penurunan atau tidak.

“Kalau kemarin kita lebih fokusnya ke arah penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, tapi ternyata hal itu masih belum memberikan dampak yang baik terhadap penurunan kasus,” katanya.

Sehingga, kata Yusman, hal itu memang diperlukan strategi lain untuk penanganan kasus Covid di Cianjur ini.

“Ini masih dibahas dalam rapat Forkopimda, apakah tetap menerapkan strtegi penegakan disiplin penggunaan masker, atau lebih ke arah PSBB kembali,” ujarnya.

Yusman menilai, jika dibiarkan seperti ini terus, bisa saja Cianjur jatuh ke zona orange atau merah. Bahkan tak sedikit, kabupaten/kota lain yang sudah berubah zona. Kecuali 8 kabupaten yang masih bertahan di zona kuning, salah satunya yakni Kabupaten Cianjur.

“Cianjur sendiri dilingkari oleh daerah-daerah yang sudah orange seperti Kabupaten Sukabumi, Purwakarta, kota Bandung Barat itu kan orange. Jadi kelihatan dari hari ke hari ini memang kasusnya terus naik,” tutupnya. (dan)