Kemenag Jabar Sosialisasikan Pembatalan Pemberangkatan Haji 2020

SOSIALISASI: Kementerian Agama Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa barat angkatan V bersama Anggota DPR RI Komisi VIII Dapil III melakukan sosialisasi di Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kementerian Agama Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa barat angkatan V bersama Anggota DPR RI Komisi VIII Dapil III Jabar melaksanakan sosialisasi diseminasi pembatalan pemberangkatan haji 2020, kepada puluhan masyarakat dan tokoh agama di Hotel Palace Cipanas, Kamis (15/10/2020).

Kepala Bidang Penyelanggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa barat, Ajam Mustajam mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang diusulkan kementerian pusat dan disetujui oleh Komisi VIII terkait dengan kebijakan pelajaran penyelenggaraan haji tahun 2020 dan 2011.

“Jadi kebetulan komisi VIII ini merupakan kemitraan kementerian agama yang memiliki kewajiban untuk menyampaikan segala regulasi dan peranannya dalam hal ibadah haji. Maka kami menyelenggarakan sosialisasi ini,” kata Ajam kepada radarcianjur.com

Kegiatan desiminasi dan pembinaan KBIH ini, kata Ajam, masih berkaitan dengan masalah perjalanan haji di seluruh kota/kabupaten se Jabar dengan dihadiri perwakilan tokoh agama dan ulama yang ada di 27 kabupaten/ kota se Jawa barat.

“Jadi mereka itu diberikan pengetahuan terkait pembatalan pemberangkatan haji tahun 2021 dengan dua pilihan solusi. Apakah disimpan dulu dari uang pelunasannya atau ingin diambil sesuai jama’ah haji yang berjumlah 38.587 orang itu,” terangnya.

Jika tidak diambil biayanya, lanjut Ajam, uang yang tersimpan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) itu manfaatnya akan dikembalikan kepada jamaah sendiri.

“Jadi nanti itu akan langsung diterima oleh jemaah, dari pelunasan tahun 2021,” katanya.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa memahami dan menerima apa yang menjadikan keputusan bersama ini.

“Alhamdulillah di Jawa Barat itu termasuk kondusif, aman, dan lancar,” katanya. (dan)