Pengusaha Kecil di Cianjur Dapat Pelatihan

Pelatihan UMKM dilakukan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 180 pelaku usaha mikro kecil menengah mendapat pelatihan bagaimana cara membuat perencanaan bisnis, promosi di era digital, sampai laporan keuangan di masa pandemi covid-19.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra, mengatakan, pelatihan bertujuan untuk merangsang tumbuhnya wirausaha baru di tengah pandemi covid-19 yang banyak menumbangkan sektor usaha khususnya di Cianjur.

“Jadi teknisnya kami undang para pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk mengikuti pelatihan, tujuannya yakni untuk menumbuhkan usaha baru di tengah pandemi covid-19,” ujar Tohari, Jumat (16/10/2020).

Tohari mengatakan, pelatihan dilakukan selama dua hari dengan mengundang berbagai pakar dan ahli di bidang UMKM. Ia mengatakan pelatihan dilakukan secara bergelombang dan dibagi dalam kelas.

Satu kelas terdiri dari 30 orang dan diatur dari segi duduk yang berjarak minimal satu meter.

“Kami menghadirkan coach nasional dari Wiranesia yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat perencanaan usaha mikro kecil dan menengah,” katanya.

Tohari berharap dengan adanya pelatihan UMKM tumbuh usaha baru di tengah masyarakat yang bisa meningkatkan ketahanan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

Seorang wirausaha muda asal Kecamatan Cugenang, Muhamad Lutfan (20), mengatakan materi pelatihan sangat mengena bagi dirinya yang baru memulai usaha.

“Apa yang disampaikan sangat bermanfaat, mulai dari perencanaan, promosi, laporan keuangan, sampai mengurus izin usaha, ini hal baru yang sangat berguna bagi saya,” katanya.

Seorang pelaku usaha lainnya, Enung (35), mengatakan sebelumnya ia usaha tanpa memikirkan perencanaan. Namun setelah berjalan, ia menjadi tahu harus bagaimana dalam melakukan usaha.

“Setidaknya ada yang saya ingat perihal laporan keuangan yang mengukur untung dan rugi,” katanya.(dil)