Paslon ‘Pilar’ Komitmen Dukung Petani Tanaman Hias

DUKUNGAN: Calon Bupati nomor urut empat (Pilar) mendapatkan dukungan dari para petani. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Pasangan calon (Paslon) nomor urut 04, Lepi Ali Firmansyah – Gilar Budi Raharja berkomitmen mendukung laju produktivitas petani tanaman hias dalam mengembangkan ekonomi tani mandiri.

Hal itu di ungkapkan Lepi saat bertemu dengan para petani tanaman hias di Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

Menurut pria yang akrab disapa kang Lepi itu mengungkapkan, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Cianjur memiliki target Kedepan bahwa Cianjur Utara akan diorientasikan untuk memenuhi permintaan pasar tanaman hias melalui pelestarian sumber daya genetik yang dimiliki negeri ini.

Menurutnya, sektor lapangan pekerjaan di Kabupaten Cianjur yang banyak menyerap tenaga kerja yaitu pertanian yang disusul dengan perdagangan dan jasa.

“Ini menjadi peluang besar. Oleh karena itu para petani tanaman hias harus dikembangkan melalui pelatihan dan pemanfaatan teknologi tepat guna. Agar petani memiliki produktivitas, dan daya saing. Selain itu pasarnya pun kita harus carikan pula,” tutur Kang Lepi.

Lebih lanjut calon orang nomor satu di Cianjur itu menjelaskan, Cianjur utara merupakan daerah unggulan dalam memenuhi kebutuhan pasar dalam mendukung kedaulatan pangan lokal. Kedepan dirinya bersama pasangan, akan mengembangkan pula di sektor holtikultura.

“Karena bunga merupakan produk yang mempunyai peluang pasar yang baik didalam negeri maupun luar negeri, maka ini menjadi peluang untuk kesejahteraan masyarakat Cianjur khususnya para petani tanaman hias,” kata Kang Lepi.

Sementara itu salah seorang petani tanaman Hias, Wawan (42) mengatakan, dirinya sangat sejalan dengan program yang digagas oleh pasangan Pilar atau Paslon 04.

Dia berharap kedepan para petani tanaman hias bisa difasilitasi oleh Bupati baru berkaitan dengan pengadaan lahan, bantuan modal usaha tani, pemasaran hingga festival tanaman hias.

“Kami siap mendukung dan mensukseskan Paslon 04 lantaran kang Lepi memiliki program yang sejalan dengan para petani melalui Pilar pertanian 100 Miliar pertahun kedepan perlu di pastikan Inovasi-inovasi di bidang pertanian untuk menopang pengembangan para petani kecil,” pungkasnya. (dan)