Bawaslu Lakukan Sosialisasi Partisipatif di Gunung Padang

foto : fadil/radar cianjur

RARADARCIANJUR.com – Bawaslu melakukan sosialisasi partisipatif di lokasi wisata Situs Cagar Budaya Gunung Padang, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Senin (19/10/2020).

Sosialisasi mengundang para pencintanya:-D:-O:-( lingkungan, Pramuka, pengelola situs, dan warga dengan total jumlah peserta sekitar 50 orang.

Ketua Bawaslu Cianjur Usep Agus Zawari, mengatakan acara sengaja dilakukan di Gunung Padang dengan filosopi mengambil energi positif melestarikan budaya pengawasan dan mendisiplinkan warga dalam pengawasan.

“Cianjur punya situs budaya yang bersejarah, semoga dengan dilakukannya sosialisasi di Siasstus Gunung Padang bisa mengambil energi positif dari budaya sehingga tercermin menjadi budaya pengawasan,” kata Usep.

Ketua Bawaslu Jabar Abdulah Dahlan, mengatakan, sebuah kehormatan bisa menginjakan dan sampai di situs Gunung Padang. Ia mengatakan keberadaan situs mengingatkan warga Jawa Barat punya peradawwban yang maju.

“Jadi untuk demokrasi juga harus maju terutama di Jawa Barat,” katanya.

Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, mengatakan tujuan dari pengawasan partisipatif adalah untuk mengajak dan memperbanyak teman untuk ikut mengawasi jalannya pilkada

“Percayalah dalam menjalankan pilkada akan ada pelanggaran-pelanggaran, kita dalam menjalankan demokrasi tak bisa sendirian, jadi pengawasan partisipatif ini ingin agar demokrasi berjalan dengan baik, semuanya kembali pada pengawasan partisipatif,” katanya.

Ia mengatakan, pengawasan partisipatif tujuannya untuk bergotong royong dalam pengawasan.

“Tempatnya sangat baik dan sungguh indah, meski dalam perjalannya harus berjuang dan nyaris menyerah, tapi itulah perjalanan sama dengan demokrasi, saya berharap acara sosialisasi partisipatif ini kena dan tepat sasaran,” katanya.(dil)