Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Memilih, PPK Cipanas Gencar Lakukan Sosialisasi

SOSIALISASI: Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas tengah menyosialisasikan terhadap para pemilih, baik masyarakat maupun pemilih pemula. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan minat memilih dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Cianjur, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas gencar melakukan sosialisasi di lima titik wilayah Cipanas, yang dilaksanakan lima hari sejak Jum’at hingga Selasa (16-20/10/2020).

Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat, Pendidikan dan SDM, PPK Cipanas Deden Permana, mengatakan ada lima titik pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan oleh PPK Kecamatan Cipanas. Diantaranya di salah satu sekolah di Cipanas, aula desa Sindangjaya, di fasilitas umum di Kampung GBO, kemudian di Kampung Parabon Desa Ciloto, dan salah satu tempat wisata dengan menggandeng para organisasi kepemudaan.

“Jadi intinya kita melakukan sosialisasi tatap muka dengan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat supaya datang ke TPS pada tanggal 9 Desember nanti,” ujar Deden kepada radarcianjur.com, Selasa (20/10).

Dalam setiap sosialisasi yang dilaksanakan, Deden menyebut, sebanyak 30 orang yang digaet. Menurutnya, keterbatasan ini dilakukan sebab demi mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Jadi tidak banyak yang kita undang. Hanya 30 orang yang mengikuti sosialisasi di satu tempat. Termasuk kita juga bagikan masker untuk peserta yang tidak membawa masker,” katanya.

Adapun target dalam sosialisasi ini, tutur Deden, yang pertama adalah untuk mengajak masyarakat dan para pemilih pemula dalam melaksanakan pesta rakyat di Pilkada nanti.

“Mudah-mudahan masyarakat dan para pemilih dapat berpartisipasi aktif datang ke TPS pada tanggal 9 Desember nanti,” katanya.Cc

Harapan terbesar PPK dan juga KPU sebagai salah satu penyelenggara Pilkada ini yakni, partisipasi masyarakat yang datang ke TPS khususnya di Kecamatan Cipanas itu lebih meningkat, sesuai dengan target yang diharapkan.

“Target kita adalah sukses. Berhasil mengajak pemilih melaksanakan hak nya di Pilkada nanti, minimal hingga 77,5% ikut memilih,” pungkasnya. (dan)