1.084 Kaum Disabilitas Bisa Salurkan Hak Pilih di Pilkada Cianjur

Dana Kampanye Pilkada 2020 Cianjur Terbesar Se-Indonesia.

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mencatat, sebanyak 1.084 penyandang disabilitas yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2020 mendatang.

Ketua Divisi Pendataan KPU Cianjur Anggi Sofia Wardany mengatakan, mereka yang tercatat diklasifikasikan beberapa kategori, diantaranya disabilitas fisik, mental, sensorik dan intelektual.

“Dengan data kategori tersebut nanti KPU bisa menyiapkan tim pendamping sesuai dengan kebutuhan pemilih difabel tersebut,” kata Anggi, kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Menurut Anggi, dalam menyiapkan tim khusus bagi kaum difabel itu, pihaknya bekerja sama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cianjur dan guru SLB.

“Kami akan rangkul PPDI dan SLB, supaya bisa merekomendasikan siapa saja yang dapat menjadi pendamping pemilih difabel ini, agar sesuai,” ujarnya.

Selain itu, untuk data disabilitas, pihaknya juga akan memanjang di setiap balai desa dan tempat umum lainnya. Hal itu bertujuan agar masyarakat bisa memberikan masukan.

“Kami akan membentuk posko pengaduan bagi para disabilitas ini,” katanya.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Masyarakat KPU Kabupaten Cianjur Rustiman menambahkan, sosialisasi Pilkada 2020 yang merangkul para disabilitas baru akan dilakukan pekan ini. Untuk itu, pihaknya pun saat ini masih menunggu konfirmasi dari PPID.

“Setelah ada keputusan dari PPDI barulah bisa menentukan waktunya. Jadi saat ini, saya belum bisa menentukannya karena masih menunggu keputusan pihak PPDI,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Nasional Paralimpic Comite Indonesia, Asep Hermawan alias Abes mengatakan, pihaknya akan menurunkan penerjemah atau bahasa isyarat guna memfasilitasi hak pilih penyandang disabilitas.

“Siapapun yang terpilih nanti, saya berharap supaya Cianjur bisa menjadi lebih baik lagi. Serta bisa memperhatikan para kaum disabilitas khususnya, umum masyarakat Cianjur,” katanya. (dan)