Membaca Al-Qur’an Bisa Jadi Terapi Stres

RADARCIANJUR.com-Perkembangan teknologi komunikasi yang demikian pesat, ternyata memberi dampak pada perilaku manusia.

Derasnya arus informasi yang salah satunya dimotori keberadaan media sosial memberikan tekanan psikologis bagi banyak orang.

Saat ini, dorongan untuk menjadi sempurna dalam tubuh, pikiran, dan karier meningkat secara signifikan.

Fenomena ini tentunya buruk bagi kondisi kesehatan jiwa seseorang. Perasaan gundah gulana, resah dan gelisah yang berujung pada stres membuat orang cenderung rentan mengalami depresi.

Sejatinya, stres merupakan respons tubuh kita saat berada dibawah tekanan. Orang yang stres biasanya disertai ciri-ciri denyut jantung meningkat, otot menegang, dan naiknya tekanan darah.

Namun jika tidak dikelola dengan baik, stres bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan pada jangka panjang.

Jika dibiarkan terus menerus maka itu bisa menjadi faktor risiko bagi masalah kesehatan serius lainnya seperti masalah mental, penyakit kardiovaskular, obesitas, mengganggu siklus menstruasi, dan diabetes.

Bagi umat Islam, salah satu terapi paling mujarab untuk mengatasi stres yakni dengan membaca dan mempelajari Al-Qur’an.

Dalam Surah Al-Isra’ Ayat 82 disebutkan, Al-Qur’an diturunkan untuk menjadi obat dan Rahmat bagi orang-orang beriman.

Dalam banyak penelitian, Al-Qur’an memiliki khasiat sebagai penawar penyakit, baik jasmani maupun rohani.

Salah satunya seperti yang dilakukan Dr Ahmed Al-Qadhidi Klinik Besar Florida, Amerika Serikat.
Menurutnya, membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Dalam sebuah studi lain di Universitas Salford, Inggris, para ahli menemukan bahwa para peserta yang membaca Al Quran menjadi jauh lebih rileks dan tenang setelahnya, dibandingkan peserta lain yang membaca buku biasa.

Membaca Al-Qur’an punya banyak keistimewaan, namun yang jauh lebih istimewa lagi jika Anda juga ikut mempelajari dan mencoba mengamalkan isi dari kandungan Al-Qur’an lewat tafsir.

Di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi jika hendak memulai belajar tafsir Al-Qur’an.

Anda bahkan bisa memulainya lewat ponsel pintar Anda.

Saat ini sudah ada sejumlah website yang menyediakan layanan belajar tafsir Al-Qur’an yang bisa anda akses dengan cuma-cuma.

Salah satu yang cukup tersohor yakni www.Tafsirweb.com.

Di sana Anda bisa langsung memilih tafsir dan ayat Qur’an tertentu yang diinginkan. Misalnya saja Surah Al-Isra’ Ayat 32 yang membahas mengenai bahaya perzinahan.

Situs ini memberikan akses untuk mempelajari tafsir al-Qur’an dengan beragam versinya.

Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah dan lain sebagainya.

Semuanya tersedia gratis untuk dibaca. Segera kunjungi websitenya untuk memulai belajar tafsir Al-Qur’an dengan mudah dan praktis.

(jpc)